Mengenal 4 Bentuk Cara Merawat Motor yang Mudah Dilakukan

Siapa saja yang merasa memiliki kendaraan roda dua sudah tentu memiliki kewajiban untuk merawat motor tersebut dengan baik. Tujuan diberikan perawatan tentu saja untuk menjaga performa mesin supaya tetap awet dan nyaman supaya berkendara semakin aman. Selain itu bisa untuk menjaga penampilan fisik motor tetap menarik, sehingga penting untuk dilakukan agar tidak minder dengan kondisi motor Anda. Pasalnya banyak orang yang merasa enggan bepergian dengan motornya ke tempat umum dan bertemu kenalan memakai motor yang nampak butut.

Apa Saja Bentuk Perawatan Pada Sepeda Motor?

Sepeda motor termasuk ke dalam jenis kendaraan dan tentu saja memerlukan perawatan secara rutin untuk menjaganya tetap awet dan kinclong. Mendapatkan motor yang bisa dibanggakan sepanjang masa maka lakukan beberapa bentuk perawatan wajib di bawah ini:

  • Mencuci motor secara teratur dan tepat,

Memperhatikan kebersihan motor dengan mencucinya secara teratur masuk ke dalam bentuk perawatan wajib. Pasalnya membiarkan motor kotor justru membuat mesinnya mudah usang dan bagian bodynya juga mudah menjadi butut. Maka jangan malu mencuci motor sendiri supaya hemat atau mencucinya ke tukang cuci motor terdekat yang bisa dipercaya.

  • Melakukan ganti oli secara rutin,

Menjaga atau melindungi kesehatan mesin motor erat kaitannya dengan penggantian oli secara rutin. Semua pemilik kendaraan tipe apapun dijamin berusaha untuk rutin melakukan ganti oli sebab efeknya sangat besar. Jika terlambat dan sudah terbiasa jarang mengganti oli bisa jadi mesin mudah aus, panas, dan memungkinkan terjadi kerusakan fatal. Supaya motor terlindungi usahakan merawat motor dengan ganti oli secara berkala, paling tidak tiga sampai lima bulan sekali supaya melindungi gesekan mesin.

Baca Juga: INGIN MOTOR INJEKSI SELALU PRIMA? INILAH CARA MERAWAT MOTOR YANG BENAR!

  • Pemberian service ke bengkel resmi,

Selain body motor yang perlu dibersihkan, bagian mesin pun memerlukan proses pembersihan berkala. Namun demi keamanan bagi Anda yang kurang paham mesin motor disarankan untuk rajin datang ke bengkel resmi. Supaya ditangani oleh mekanik yang sudah terlatih sesuai dengan tipe motor yang dimiliki. Service ini bisa mengecek mana sparepart yang sudah rusak dan perlu diganti sekaligus membantu membersihkan bagian mesin motor. Sehingga jangan sampai mangkir dari rutinitas service ini supaya motor terlindungi.

  • Mengganti sparepart yang sudah aus,

Perawatan lainnya adalah mengganti sparepart dan bisa dilakukan sembari service rutin ke bengkel resmi tadi. Umumnya beberapa pemilik sepeda motor enggan service ke bengkel resmi karena dirasa sering keluar uang banyak. Sehingga Anda perlu menentukan apakah mengikuti saran mekanik untuk mengganti part tertentu atau perlu ditunda dulu. Sebab bisa jadi kantong Anda belum bisa diajak kompromi, menundanya dulu tidak apa. Bisa jadi kerusakan sudah menunggu bahkan di depan mata maka jauh hari siapkan dana untuk merawat motor dengan cara ini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *