Memilih Oli Motor Matic yang Terbaik

Dewasa ini penggunaan motor matic memang terus meningkat, seiring dengan perkembangan berbagai infrastruktur jalan terus dibenahi. Selain mudah dalam penggunaannya, motor matic juga memiliki berbagai keunggulan lain dalam penggunaannya seperti hemat bahan bakar dam mudah dalam perawatan. Terus meningkatnya penggunaan motor matic ini, secara otomatis juga meningkatkan berbagai perlengkapan lain dalam perawatan motor. Salah satu perlengkapan perawatan yang selalu digunakan dalam perawatan motor matic ini adalah oli motor, yang memiliki fungsi dan pengaruh cukup signifikan dalam kerja motor matic tersebut.

Seperti yang telah kita semua tahu bahwa oli memiliki fungsi sebagai bahan yang dapat memperhalus gesekan yang terjadi pada setiap komponen mesin dalam motor matic, sehingga kinerja mesin dapat dengan mudah mencapai sash ideal yang dibutuhkan dalam bekerja. Selain itu oli juga memiliki fungsi sebagai cairan pemindah panas, yang memungkinkan suhu panas pada ruang bakar, dapat dipindahkan pada bagian lain dari mesin yang memiliki suhu lebih dingin. Melihat fungsi yang cukup signifikan dari oli inilah, pemilihan oli yang tepat bagi motor matic sangatlah diperlukan.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dengan seksama dalam memilih oli motor matic, yang dapat Anda gunakan sebagai sarana dalam perawatan motor kesayangan Anda, yang antara lain adalah:

Baca Juga: MERK OLI MOTOR YANG POPULAR DAN BERKUALITAS

  • Perhatikan tingkat kekentalan pada oli matic yang akan digunakan, pastikan bahwa oli yang Anda pilih memiliki tingkat kekentalan antara 10-30 sesuai dengan standar oli untuk motor matic.
  • Pilihlah oli yang mengandung cairan additive berjenis molybdenum, yang dapat mengurangi panas pada ruang mesin pada saat digunakan, serta memperhalus gesekan yang mungkin terjadi pada komponen-komponen dalam mesin pada saat digunakan.
  • Pilihlah oli yang memiliki standar resmi bersertifikat penguji dari negara-negara penguji kekentalan oli, karena pada umumnya oli yang memiliki sertifikat pengujian biasanya memiliki tingkat kekentalan oli yang sesuai dengan standar untuk masing-masing jenis mesin motor.
  • Pilihlah oli dengan kode JASO MB, karena oli berkode inilah yang paling cocok digunakan untuk jenis motor matic.

Untuk menjaga kestabilan dari kerja mesin, sebaiknya Anda memilih oli sesuai jenis mesin motor Anda. selain itu penggantian oli secara berkala pada motor matic, juga akan dapat membantu menjaga keawetan dari mesin motor matic yang Anda gunakan. Oleh karena itu pilihlah oli jangan hanya dari segi kemurahan harga saja, karena hal tersebut justru akan membuat Anda mengeluarkan budget perawatan motor yang lebih besar.

Pilihlah oli motor dengan merek terbaik dan sesuai dengan peruntukkan mesin motor Anda, meskipun budget yang Anda keluarkan sedikit lebih besar jika dibanding dengan membeli oli dengan harga yang murah. Namun dalam segi keawetan mesin, Anda dapat merasakannya nanti dalam jangka waktu yang lebih panjang, serta performa mesin yang nyaman.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *