Home News Membayar Pajak Kendaraan Jadi Lebih Mudah Dengan Aplikasi SAMBARA

Membayar Pajak Kendaraan Jadi Lebih Mudah Dengan Aplikasi SAMBARA

by Caswitin
cek pajak motor online jawa barat

Dunia digital berkembang dengan sangat pesat. Banyak hal dapat dilakukan secara online dengan memanfaatkan gawai dan internet. Siapapun dapat dengan mudah mengakses informasi apapun. Salah satunya adalah pembayaran pajak.

Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) adalah pajak yang dikenakan kepada pemilik kendaraan bermotor yang beroperasi di jalan darat. Besaran pajaknya ditentukan dari nilai dan bobot potensi pencemaran serta kerusakan jalan. Membayar pajak bukan hanya untuk kelancaran pembangunan, akan tetapi juga sumber pendapatan Negara.

Berkat kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, membayar pajak dapat dilakukan secara online. Bagi anda yang berada di wilayah Jawa Barat, anda dapat mengakses aplikasi SAMBARA atau Samsat Mobile Jawa Barat. Aplikasi tersebut bertujuan untuk melakukan cek pajak motor online Jawa Barat. Aplikasi ini dapat anda unduh di Google Play Store.

Artikel ini akan membagikan bagaimana cara cek pajak motor online Jawa Barat serta cara pembayaran pajak via online.

1. Cek pajak motor online Jawa Barat

cek pajak motor online jawa barat

cek pajak motor online jawa barat

Unduh aplikasi SAMBARA. Setelah aplikasi berhasil diunduh, pilih menu info PKB. Kemudian masukkan plat nomot kendaraan anda. Dan aplikasi akan menayangkan informasi kendaraan serta besaran pajak yang harus dibayar.

Selain menggunakan aplikasi SAMBARA, anda juga dapat melakukan cek pajak motor online Jawa Barat dengan mengakses via Web. Anda dapat mengunjungi laman: https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb.

Setelah situs terbuka, masukkan nomor polisi kendaraan bermotor, kemudian pilih warna TNKB, masukkan kode captcha yang tertera, kemudian klik tombol cari. Situs akan menampilkan data kendaraan anda serta jumlah pajak yang harus dibayarkan.

2. Bayar Pajak Motor Online Jawa Barat

cek pajak motor online jawa barat

cek pajak motor online jawa barat

Setelah mengetahui cara cek pajak motor online Jawa Barat, berikut ini adalah cara bayar pajak motor online untuk wilayah Jawa Barat.

Baca Juga:  Mengenal Komponen Rem Cakram yang Harus Anda Ketahui

Salah satu cara bayar pajak motor online Jawa Barat dapat dilakukan melalui fitur e-Samsat. Pengguna dapat memilih metode pembayaran melalui kartu kredit, debit, ATM, internet banking, e-money, hingga minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. Berikut langkah-langkahnya:

a. Menyiapkan kode pembayaran. Untuk mendapatkan kode pembayaran, anda dapat mengirinkan sms dengan format: esamsat (spasi) nomor rangka mesin (spasi) NIK atau KTP. Kemudian kirim ke 08112119211. Anda akan mendapatkan balasan berupa kode pembayaran, data kendaraan, serta jumlah tagihan yang harus dibayarkan.
b. Anda juga bisa mendapatkan kode pembayaran melalui aplikasi SAMBARA
c. Setelah mendapatkan kode, anda dapat memilih metode pembayaran yang ditawarkan.
d. Buka aplikasi Tokopedia, buka fitur e-Samsat. Masukkan kode bayar yang telah didapatkan. Aplikasi akan menampilkan data kendaraan anda. Apabila sudah benar, klik Bayar untuk masuk ke metode pembayaran.
e. Pilih metode pembayaran yang anda inginkan. Kemudian tekan bayar dan lakukan pembayaran. Kemudian anda akan mendapatkan bukti pembayaran via email. Simpan bukti ini untuk ditukarkan dengan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah) atau SKKP (Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran) serta pengesahan STNK.

Hal yang perlu diingat adalah, setelah melakukan pembayaran, anda tetap harus melakukan penukaran dan pengesahan dengan mendatangi kantor Samsat terdekat. Tenggat waktu yang diberikan adalah 30 hari sejak proses pembayaran.

Beberapa hal yang perlu disiapkan diantaranya BPKB asli, struk pembayaran, KTP asli dan STNK asli. Anda dapat menukarkannya di kantor Samsat, Samsat Keliling, Samsat Outlet, dan Samsat Gendong di wilayah anda.

Itulah tadi informasi yang berkaitan dengan cek pajak motor online Jawa Barat. Semoga informasi ini dapat membantu anda dan memudahkan anda dalam mengecek serta membayar pajak. Jadilah warga Negara yang taat pajak!

Baca Juga:  Tips Memilih Velg Motor Bekas yang Berkualitas dan Sesuai dengan Keinginan

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More