Manfaat Oli Motor untuk Mesin

Oli merupakan salah satu komponen yang sangat berguna bagi mesin motor agar bisa melaju dengan mulus. Oli harus diganti secara berkala, berikan oli yang cocok bagi mesin karena apabila oli tak cocok akan membuat mesin justru lebih rusak. Ada beragam jenis oli yang dijual di pasaran yang tentunya akan memberikan fungsi serta manfaat terbaik untuk motor. Dan berikut ini adalah manfaat serta fungsi oli motor pada mesin yang harus diketahui agar pengguna semakin tahu dan paham untuk selalu menjaga performa motor dengan penggantian oli secara teratur.

  • Mengurangi Gesekan

Ketika mesin motor bekerja, maka proses yang terjadi pada mesin adalah saling bergesekan untuk menimbulkan daya serta kekuatan mesin. Komponen mesin motor yang saling bergesekan akan membuat mesin menjadi lebih cepat aus, membuat mesin semakin panas serta kotor, dan bisa mengurangi tenaga yang dihasilkan oleh mesin.  Supaya akibat dari gesekan tersebut berkurang, maka harus dilapisi dengan oli motor karena salah satu manfaat dari penggunaan oli pada motor adalah bisa melapisi mesin sehingga bisa mengurangi gesekan.

  • Sebagai Pendingin Mesin

Mesin motor yang bekerja akan menghasilkan proses pembakaran dalam silinder sehingga akan menghasilkan panas antar komponen yang ada dalam mesin motor. Oleh karena itu penggunaan oli sangat dibutuhkan karena oli pada motor bermanfaat untuk mendinginkan mesin.

  • Sebagai Perapat

Mesin yang bekerja akan menghasilkan tekanan hasil pembakaran sehingga sewaktu-waktu bisa terjadi kebocoran kompresi. Oleh karena itu, oli harus digunakan karena bermanfaat untuk merapatkan celah yang ada antara silinder dengan piston karena oli akan membuat lapisan yang akan mengisi celah antara silinder dan piston.

Baca Juga: Tips Otomotif Perawatan Motor Agar Performanya Tetap Prima

  • Sebagai Peredam

Oli pada motor juga bermanfaat untuk meredam getaran serta suara bising yang dihasilkan oleh benturan piston, batang piston serta poros engkol. Adanya oli mesin akan membantu melapisi bagian piston sehingga bisa meredam benturan, dan ini membuat suara mesin tidak terlalu kasar dan lebih halus.

  • Sebagai Pembersih

Penggunaan oli juga bermanfaat untuk membersihkan kotoran yang dihasilkan oleh gesekan komponen pada mesin motor. Pelumas motor akan membantu membuang kotoran sehingga bagian komponen yang bergesekan tetap bersih.

  • Anti Karat

Pelumas motor juga bermanfaat sebagai anti karat. Oli bukan hanya akan melumasi mesin, namun juga melapisi logam pada mesin sehingga akan menhindarkan komponen mesin dari kontak lasun dengan udara serta air.

Itulah manfaat penggunaan oli motor. Apabila motor sudah mengeluarkan asap hitam, maka itu tandanya pelumas motor sudah waktunya diganti, karena apabila tidak segera diganti maka akan mengganggu kinerja mesin sehingga mesin akan cepat rusak. Maka, jangan pernah lupa untuk mengganti oli mesin motor secara berkala agar mesin tetap awet dan tahan lama.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *