Makna Dibalik Vespa Modif Aliran ‘Vespa Gembel’

Vespa memang selalu menarik perhatian karena tampilannya yang unik dan retro. Banyak kreatifitas anak-anak muda penggemar vespa yang dikreasikan dalam bentuk tampilan yang unik, berani dan bahkan cenderung ekstrem. Seperti yang kita lihat pada vespa modif aliran vespa gembel. Ya, aliran dalam modifikasi vespa satu ini memang agak nyeleneh ketimbang aliran modifikasi vespa pada umumnya. Aliran vespa gembel, tidak mementingkan tampilan yang retro, bagus dan keren.

Mereka para penganut aliran  vespa modif gembel tersebut, memang membiarkan seluruh tampilan vespanya dihiasai dengan barang-barang yang bisa dikatakan rongsokan, diatapi daun kadang plastik, menghiasi body vespa mereka dengan papan, karton, bendera, souvenir, drum, barang-barang yang notabena adalah barang sampah mapun bekas. Mereka para penganut aliran vespa gembel ini, memang sengaja membiarkan tampilan vespa mereka seperti gembel, hancur, jelek, rombeng, rongsokan, justru di sinilah seni mereka dalam memodifikasi vespa mereka, tanpa mempedulikan omongan orang-orang yang melihat mereka di jalan umum.  Mereka sungguh percaya diri dan sedang mempertunjukan eksitensi mereka dengan cara yang tak lazim. Mereka sedang berimajinasi tentang sebuah motor vespa idaman, yang tentunya mungkin sangat ekstrem bagi kalangan umum.

Sebenarnya kalau kita perhatikan arakan vespa modif aliran gembel ini ketika mereka berjalan bersama di jalan raya. Kita bisa melihat sisi positifnya. Mereka sedang melawan kemewahan dunia, yang selama ini dikejar –kejar masyarakat perkotaan. Kehadiran mereka sebenarnya harus memberi kesadaran yang lain, bagi masyarakat yang saban hari membuang sampah sembarangan di jalan atau sungai. Mereka tampil apa adanya. Bahkan berani menunjukan gaya mereka sebenarnya di depan umum. Dengan body vespa yang sangat ceper, coret-coretan, bunyi knalpot yang bising, dan stang yang panjang, membuat penganut aliran ini selalu menjaid pusat perhatian di tengah-tengah pergumulan kendaraan yang mewah, dan umum.

Vespa aliran gembel ini, baru muncul sekitar tahun 2000, setelah pasca orde baru. satu aliran modif dalam vespa yang merubah wajah vespa yang tadinya terlihat retro, dan keren, dirubah persepsinya oleh aliran nyentrik ini.  Peminat aliran vespa gembel di Indonesia, terbilang cukup banyak dan bahkan mereka mempunyai komunitas di masing-masing daerah. Biasanya mereka sering konvoi berjalan jauh, bahkan dengan vespa yang terlihat seperti rongsokan itu motor vespa gembel mereka bisa berjalan melintasi kota ke kota. Bayangkan oleh Anda, keberanian mereka berkendara melintasi kota asal mereka, demi mengunjungi komunitas sesama aliran vespa gembel, patut diapresiasi. Nilai persahabatan di antara para penganut aliran vespa gembel ini memang cukup besar. Kalau kita lihat di jalan, biasanya ketika motor mereka mogok dan teronggok di jalan, pasti ada kerumunan teman-teman mereka yang membantu vespa gembel yang mogok. Mereka pantang jalan duluan, sebelum motor vespa gembel temannya, diperbaiki.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *