Macam-macam Mesin Motor Beserta Kelebihan dan Kelemahannya

mesin motor

Pada kendaraan bermotor, terdapat suatu mesin yang menjadi bagian inti dari kinerja yang dimiliki oleh motor tersebut. Mesin motor yang ada pada tiap-tiap kendaraan yang ada tidaklah berbeda, itulah sebabnya yang membuat satu motor dengan yang lainnya berbeda performanya. Dari perbedaan mesin tersebut dapat diketahui keuntungan dan kelemahan yang ada, sehingga sebelum membeli dapat mengecek spesifikasi motor terlebih dahulu, terutama pada bagian mesin.

Di Indonesia ini, mesin pada kendaraan bermotor yang paling sering dijumpai ialah mesin dengan tipe single over head camshaft atau SOHC dan DOHC atau double over head camshaft. Macam-macam mesin tersebut mempunyai karakteristik yang sangat berbeda. Sehingga menampilkan sisi keunggulan dan kekurangan masing-masing. Agar tak salah pilih motor, Anda pun perlu mengetahui jenis mesin yang digunakan, beserta kriteria dari mesin tersebut.

Mesin SOHC atau single over head camshaft ialah mesin yang mempunyai satu noken as atau camshaft dan ada di posisi tepat pada head cylinder. Pada mesin ini hanya terdapat 2 buah katup dimana katup pertama untuk mengatur komponen bahan bakar yang masuk kemudian yang kedua untuk menghandle gas buang. Tiap-tiap katup dapat dibuka dan ditutup dengan mudah karena ada rocker arm yang menggerakkannya dan memang telah terhubung secara langsung dengan noken as atau camshaft. Untuk tipe mesin ini, lebih sering digunakan pada kendaraan bermotor berskala cc kecil. Seperti contohnya ialah pada motor matic, megapro, byson, vixion dan lainnya.

Seiring perkembangan teknologi, mesin motor bertipe SOHC ini juga dihadirkan dalam 4 buah katup, jadi tak selalu identik dengan 2 katup. Dimana kepala rocker arm telah dimodifikasi melalui bentuk percabangan, tepatnya pada katup in dan katup ex. Atas adanya 4 buah katup ini, tenaga yang ada lebih meningkat dan telah diterapkan pada motor YZF-R15 dan juga lainnya.

Sedari pemilihan dan penggunaan mesin SOHC, mampu memberikan beragam keunggulan. Dimana pihak pemilik sekaligus pengguna dapat memaksimalkan keuntungan yang ada, antaranya ialah:

  • Penggunaan bahan bakar relative lebih hemat.
  • Pembiayaan produksi beserta perawatan yang diperlukan lebih terjangkau dan terbilang murah
  • Tarikan mesin lebih ringan.
  • Kinerja torsi berjalan dengan baik dalam kecepatan yang relative rendah, sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin mengendarai motor berkecepatan sedang.

Mesin DOHC atau double over head camshaft merupakan mesin yang memiliki dua buah camshaft yang keduanya menggerakkan dua katup. Satu pada katup gas buang dan satunya pada penerimaan bahan bakar. Atas adanya katup dengan jumlah 4 buah ini menjadikan tenaga yang dihasilkan lebih besar. Pada biasanya, mesin ini digunakan pada motor Ninja 250 FI, CB150R dan lainnya.

Tentunya dari mesin bertipe DOHC ini menghadirkan banyak keuntungan yakni tenaga mesin yang besar. Sehingga sangat nyaman dalam menempuh perjalanan berkecepatan tinggi. Kemudian didukung pula oleh putaran mesin yang stabil, tangki bahan bakar lebih besar dan lainnya. Akan tetapi, pada mesin motor bertipe 4 katup ini memiliki beberapa kelemahan, diantaranya ialah:

Baca Juga : Daftar harga helm ink terbaru

  • Penggunaan bahan bakar lebih tinggi, sehingga relative boros.
  • Biaya produksi dan perawatannya jauh lebih mahal.
  • Suku cadang yang banyak, sehingga bila rusak harus membutuhkan pergantian yang tak sedikit pula.
  • Proses reparasi yang tidak sedikit sehingga memakan waktu yang relative lama.
  • Putaran pada bawah mesin lebih berat karena menggunakan dua camshaft.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *