Home Blog Macam-Macam Hal yang Patut Kamu Ketahui Untuk Memiliki Toyota Agya

Macam-Macam Hal yang Patut Kamu Ketahui Untuk Memiliki Toyota Agya

by Erin Nuzulia

Awal produksi Toyota Agya dimulai tahun 2012 dan berlanjut hingga sekarang. Kembaran dari model ini ialah Daihatsu Ayla karena menggunakan dasar platform yang serupa. Toyota Agya adalah mobil dengan harga terjangkau dan ramah lingkungan atau LCGC (Low Cost Green Car). Agya ternyata diambil dari bahasa Sansekerta yang artinya “cepat”. Sesuai namanya, performa yang harus ditampilkan tentu sesuai dengan namanya. Mobil rancangan Daihatsu dengan basis platform Daihatsu Mira e:s dan Toyota Pixis Epoch (Jepang) ini terus dikembangkan. Agya diproduksi di Indonesia dan mulai dipasarkan sejak peluncurannya pada 9 September 2013. Di tahun 2017 Toyota Agya mengalami perubahan yang hampir berubah di seluruh bagiannya. Dengan perubahan-perubahan yang diusung pada mobil ini membuat konsumen penasaran dengan mobil Toyota termurah yang dijual di Indonesia.

Toyota Agya bisa dibilang mobil murah dengan fasilitas plus-plus, untuk itu marilah kita telaah satu persatu apa saja kelebihan Toyota Agya di sini. 

Dalam generasi terbarunya, Toyota Agya dilengkapi oleh mesin 1,2 liter dual VVT-i. Mesin tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga 88 PS pada 6000 rpm dengan torsi paling tinggi pada angka 107, 8 Nm di 4200 rpm. Hal ini tentu saja lebih baik sebanyak 1,0 liter mesin pada generasi sebelumnya. Dalam hal lain, mesin 1,2 liter Agya di generasi terbaru telah difasilitasi oleh teknologi dual VVT-i yang dapat membuat penyesuaian waktu pada camshaft intake dan exhasut lebih teratur sebanyak dua katup. Lebih lanjut, mesin Agya terbaru ini diklaim lebih irit dibanding pendahulunya. 

Kabin Agya generasi terbaru akan terasa lebih halus dengan getaran yang sangat kecil. Hal tersebut terjadi karena Toyota telah mengubah bahan kabin menjadi rubber engine mounting menjadi lebih berkualitas. Untuk Toyota Agya yang bertransmisi manual, produsen mobil asal Jepang tersebut telah memberikan penyesuaian. Gelontoran tenaga yang lebih mulus saat melakukan perpindahan gigi akan membuat Agya ini bergetar lebih halus.

Pada bagian suspensi, Agya generasi terbaru juga telah direvisi, terutama saat mobil melewati tikungan. Para insinyur Toyota telah menyetel ulang suspensi Agya terbaru menjadi lebih keras dan dilengkapi dengan stabilizer yang menghubungkan suspensi sebelah kiri dan sebelah kanan. Lanjut pada bagian kemudi, Toyota Agya masa kini telah dilengkapi dengan teknologi drive by wire yang mampu membuat penyaluran tenaga pada mobil akan terasa lebih halus. Pedal gas yang diinjak akan direspon oleh ECU terlebih dahulu untuk mengurangi hentakan saat tiba-tiba melakukan akselerasi. 

Selain itu, Toyota Agya juga dilengkapi dengan power windows dan central lock sehingga pengemudi dapat melakukan akses langsung kepada pintu atau jendela di kursi penumpang. Di era modern seperti ini, tentu teknologi tersebut sangat dibutuhkan mengingat masih ada saja mobil dengan fitur manual pada fasilitas tersebut. Yang sangat menarik adalah di mana ketika Agya generasi terbaru memiliki pilihan transmisi otomatis. Ini merupakan salah satu keunggulan Agya di antara sekian kompetitornya. Kendati transmisi otomatis bukanlah hal baru dalam dunia otomotif, hal itu menjadi luar biasa ketika disematkan dalam produk mobil untuk kalangan menengah seperti Agya.

Demikianlah Review Toyota Agya secara singkat. Dengan mengetahuinya, kamu akan lebih paham mengenai kendaraan murah meriah yang hendak dimiliki. Tentu saja ini merupakan hal penting mengingat membeli mobil adalah membeli bekal untuk perjalanan yang tidak hanya dilalui dalam satu tahun. Ditunggu ceritanya ketika Toyota Agya sudah berada dalam ranah kepemilikanmu, ya!

Baca Juga:  Menyiasati Aturan Jam Ganjil Genap

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More