Lakukan Cara Ini Agar Cat Motor Anda Tetap Awet

Salah satu yang membuat motor terlihat menarik adalah cat yang awet dan tetap kinclong. Akan tetapi seiring dengan perkembangan waktu dan lamanya pemakaian, cat motor bisa menjadi pudar apalagi jika tidak dirawat dengan baik. Ada beragam cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membuat agar cat kendaraan bermotor Anda bisa lebih awet walaupun motor Anda dipergunakan berkali-kali.

Pertama adalah hindari untuk memarkir kendaraan di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari yang langsung mengenai sepeda motor tidak hanya beresiko menyebabkan jok motor yang terbuat dari kulit menjadi rawan rusak namun bisa membuat cat memudar secara perlahan. Campuran debu dan panas dari terik matahari menyebabkan lapisan pelindung dari cat kendaraan bermotor menjadi mudah rusak sehingga warna menjadi kusam.

Kedua adalah hindari mencuci motor selain menggunakan sabun cuci motor. Tidak jarang masyarakat sering mencuci motor menggunakan sabun pencuci rambut atau shampoo atau dengan sabun colek atau sabun yang lainnya. Sayangnya, komponen yang terdapat pada sabun atau shampoo tersebut merupakan bahan kimia yang bersifat kasar yang tidak cocok untuk mencuci motor karena bisa menggores cat motor di permukaan body ataupun merusak cat. Saat mencucipun, gunakan kanebo atau lap yang halus agar tidak menggores permukaan motor.

Baca Juga:MENGINTIP 4 WARNA CAT MOTOR YANG SEDANG NGETREND SAAT INI!

Ketiga adalah sebisa mungkin untuk menghindari air hujan. Walaupun kehujanan tidak dapat dihindari apalagi jika sudah masuk musim penghujan, namun sebisa mungkin hindari air hujan sebab air tersebut memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi yang bisa menyebabkan proses pemudaran warna. Air hujan bahkan bisa menyebabkan proses korosi pada logam menjadi cepat terjadi misalnya di bagian leher knalpot ataupun di bagian mesin.

Cara yang lain dan sederhana yang mudah dilakukan agar cat motor tetap awet adalah:

  • Menghindari air garam yang akan menyebabkan motor bisa lebih mudah berkarat.
  • Jangan terlalu sering untuk menggunakan zat kimia. Walaupun ada cairan yang berfungsi untuk membuat cat kendaraan bermotor menjadi kinclong, namun hindari menggunakannya terlalu sering. Hal ini disebabkan karena zat kimia tersebut secara perlahan bisa menyebabkan warna cat menjadi pudar.
  • Hindari agar tidak terkena minyak rem. Minyak rem tersebut jika mengenai body atau bagian motor yang dilapisi dengan cat bisa menyebabkan cat tersebut menjadi kusam dan lambat laun bisa menyebabkan cat menjadi terkelupas. Jika anda tidak sengaja memegang body motor setelah tangan Anda kotor karena minyak rem, sebaiknya segera bersihkan karena jika bekas tersebut terlalu lama menempel dapat menyebabkan bekas minyak rem tersebut menjadi susah untuk dibersihkan.
  • Jangan malas mencuci motor apalagi jika kondisi kendaraan bermotor Anda sudah dalam kondisi yang sangat kotor.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *