Lakukan 4 Hal Ini Supaya Ban FDR di Motor Kesayangan Selalu Awet

Ban FDR – Untuk memastikan motor kesayangan selalu dalam keadaan siap diajak bepergian maka perlu dilakukan pengecekan setiap pagi, atau sebelum beraktivitas. Kendaraan yang dimiliki entah mewah maupun standar tentu butuh perawatan maksimal supaya selalu aman dan nyaman diajak bepergian. Khusus pengguna sepeda motor tentu wajib sekali memahami pentingnya memeriksa kondisi kendaraannya, termasuk pada bagian ban. Ban ini baiknya memakai yang berkualitas karena tercatat sering mendapati masalah, seperti ban kempes, bocor, dan lain sebagainya.

Solusi Menjadikan Ban Motor Lebih Awet

Ban adalah komponen vital yang tanpanya motor Anda tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya, dijamin pula tidak nyaman ketika ban tersebut bermasalah. Maka rawatlah dengan baik dan untuk awet bisa memberikan tindakan sebagai berikut:

  • Menjaga kebersihan ban motor Anda,

Kerikil yang masuk ke dalam pola ban motor tentu nantinya akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan ban itu sendiri. Maka jangan terlalu lama membiarkan ban dalam keadaan kotor, selalu buang kerikil yang terjebak diantara pola ban. Cara ini membantu menjaga ban agar tidak mudah sobek maupun bocor ketika di tengah perjalanan.

  • Selalu memeriksa tekanan angin pada ban,

Salah satu penyebab ban motor mudah rusak meski sekelas Ban FDR yang dikenal mutunya bagus, adalah kontrol tekanan angin yang kurang. Tekanan yang berlebihan bisa membuat pengguna sepeda motor merasa tidak nyaman padahal melintasi jalanan yang rata dan mulus beraspal. Namun kalau tekanannya kurang maka akan mudah oleng, dan jika berlangsung terus-menerus maka dijamin akan lebih mudah rusak bahkan mesin motor pun ikut bermasalah. Maka atur tekanan anginya agar sesuai standar.

Baca Juga: INI DIA FAKTA TENTANG BAN FDR YANG PERLU ANDA KETAHUI

  • Usahakan muatan tidak melebihi kapasitas,

Tekanan pada ban yang berasal dari muatan yang berlebihan juga membuat ban tersebut rentan kerusakan. Paling sering adalah ban kempes sehingga perlu cermat dalam memboyong semua barang bawaan. Apabila memang kendaraan digunakan untuk berjualan sehingga membawa muatan banyak maka pilih ban yang sesuai, atau sesuaikan tipe kendaraan yang digunakan. Asalkan muatan pada motor kesayangan tidak berlebihan dijamin ban akan lebih awet sehingga bisa menghemat biaya operasional dalam jumlah yang signifikan perbulannya.

  • Mengatur kecepatan dengan cerdas,

Semua orang tentu perlu lihai dalam mengatur kecepatan motor ketika berada di jalan raya, sesekali perlu melaju dengan kecepatan rendah ataupun sebaliknya. Namun untuk keamanan baiknya tidak memacu kecepatan secara berlebihan karena ada resiko mengerem mendadak di sepanjang perjalanan. Padahal mengerem secara mendadak bisa membuat ban motor mudah aus, menipis, dan wajib segera diganti. Supaya awet atur kecepatan standar dan jangan sering mendadak mengerem. Gunakan Ban FDR yang mutunya bagus sehingga lebih tahan lama dibanding merek lainnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *