Home Perawatan Motor KZ200 Merzy: Motor Binter Paling Jantan Pada Masanya!

KZ200 Merzy: Motor Binter Paling Jantan Pada Masanya!

by Rhonda Olson

Namanya adalah Binter Merzy. Itu jauh tercipta sebelum Ninja ada, bahkan sebelum “Kawasaki” dikenal sebagai spesialis motor-motor jantan kelir hijau.

Generasi sekarang mungkin masih awam dengan yang satu ini. Padahal, derajatnya cukup terhormat pada eranya. RX-King dengan segala keliaran yang ditawarkannya boleh jadi motor paling nekat saat itu.

Tetapi, RX-King cuma “cowok”. Kalau mau cari “lelaki” yang bertenaga sekaligus punya kelas, Binter Merzy pilihannya.

Pertanyaannya kemudian; mengapa?

Ini dia jawabannya.

 

Mesin Gahar

Pada tahun 1980, Kawasaki masih menggunakan nama Binter. Kala itu, mereka memperkenalkan produk sepeda motor berkapasitas mesin besar pertamanya, yaitu Binter Merzy, atau lebih tepatnya Binter Merzy KZ200.

youtube. com

Dari segi kubikasi mesin, RX-King yang “cuma” 135cc jelas kalah dengan kapasitas mesin Binter Merzy yang mencapai 200cc. Ini adalah angka paling besar jika kita bicara tentang kapasitas mesin motor pada 1980-an. Bisa dibayangkan seperti apa teknologi yang digunakan untuk membuatnya bekerja secara maksimal. Mendengarnya saja kita sudah segan.

 

Enak Dimodifikasi

Merzy diproduksi secara massal di Indonesia sejak tahun 1980. Tidak banyak perubahan model yang dialaminya, mengingat umurnya memang tidak panjang. Namun, tercatat ada 1 perubahan model dari pendahulunya. Perubahan itu membuat Merzy tampak lebih sporty. Akhirnya, muncullah sebutan Merzy New Tank.

Ah, perubahan sekali seumur hidup itu kan arahnya dari pabrik. Faktanya, banyak kok ubahan yang dilakukan biker pada masa itu terhadap kuda besi mereka. Pada masanya, Merzy adalah favorit para biker untuk disulap menjadi motor chopper ala Harley Davidson. Nyatanya, sampai sekarang pun motor satu ini masih layak dimodifikasi para biker.

bratstyle. it

Barangkali, Kawasaki W175 yang segitu nikmatnya dijadikan custom bike adalah jelmaan dari Merzy yang legendaris itu.

Baca Juga:  Tips-tips Merawat Motor Antik Anda

 

Teknologi Mumpuni

blackcat200. com

Pengapian adalah hal yang patut disorot dalam hal ini. Binter Merzy dengan pengapian platina memang sempat diproduksi, namun tidak lama, cuma sampai tahun 1982. Setelah itu, pengapian CDI yang digunakan. Rentang waktunya lumayan, dari tahun 1983 sampai dengan tahun 1985.

Hal lain yang Binter tawarkan adalah teknologi mesin 4-tak dengan silinder tunggal. Padahal, saat itu kebanyakan motor masih mengusung teknologi 2-tak.

Bukan cuma pengapian dan sistem 4-tak yang jadi bahan sorotan. Teknologi semacam starter tangan pun sudah disematkan dalam motor ini. Belum lagi penggunaan piringan cakram pada rem depannya.

Jangan lupakan pula sistem kelistrikan DC 12 volt yang turut diberikan oleh para engineer Binter. Pasalnya, sistem ini berkontribusi besar dalam membuat nyala lampu depan motor Binter lebih stabil berikut tombol lampu dim yang bekerja dengan sangat efektif.

enoanderson. com

Barangkali, satu-satunya kekurangan Binter Merzy Kz200 adalah umurnya yang pendek. Ya, sepeda motor Binter Merzy hanya diproduksi sampai tahun 1985, seiring dengan tutupnya perusahaan yang menaunginya, yaitu PT.Bintang Terang.

 

***

 

Mau menghidupkan kembali Binter Merzy KZ200? Bisa, kok. Syaratnya, paham dulu spesifikasi Binter Merzy KZ 200. Ini dia selengkapnya.

 

Spesifikasi Binter Merzy KZ 200

 

Manufaktur: PT. Bintang Terang Indonesia
Model: Binter Merzy 200 (Kawasaki KZ200)
Tahun Pembuatan: 1980 – 1986
Engine: 4-Tak, Air-Cooled, Silinder Tunggal, SOHC 2 Valve
Bore x Stroke: 66 x 58 mm
Kapasitas Silinder: 198 cc
Rasio Kompresi: 9,0 : 1
Penyuplai BBM: Karburator Keihin PW26
Max Power: 18 HP @ 8.000 RPM
Max Torsi: 16,5 N.m @ 7.000 RPM
Dimensi P x L x T : 1.920 x 780 x 1.050 mm
Tinggi Jok: 775 mm
Jarak Sumbu Roda: 1.280 mm
Berat Kosong: 126 Kg
Kapasitas Tangki BBM: 9,5 Liter
Frame: Steel Tube Diamond-Type Frame
Suspensi Depan: Teleskopik Fork
Suspensi Belakang: Dual-Shockbreaker, Tubular Swingarm
Rem Depan: Cakram Hidrolik, Disc 205 mm, Kaliper 1 Piston
Rem Belakang: Drum Brake (Tromol)
Ban Depan: 2. 75 – 18 Inch
Ban Belakang: 3. 25 – 17 Inch

Baca Juga:  Knalpot Motor Anda Bersuara Aneh? Inilah Penyebabnya!

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More