Home Perawatan Motor Kursus Setir Mobil, Butuh Atau Buntung?

Kursus Setir Mobil, Butuh Atau Buntung?

by Rhonda Olson

Belajar mobil manual bisa dibilang gampang-gampang susah. Dikatakan gampang jika seseorang yang akan belajar mengemudi telah memahami fitur-fitur mobil dan telah terbiasa mengendarai kendaraan lain di jalan raya, seperti mengendarai sepeda atau motor.

Namun, belajar mobil manual menjadi sulit bagi orang yang benar-benar baru pertama kali mengemudi kendaraan. Kesulitan yang dialami umumnya disebabkan orang tersebut belum terbiasa membagi konsentrasi, belum hapal fitur-fitur di mobil, dan takut ketika sudah berada di belakang setir.

Ketakutan yang timbul merupakan salah satu efek dari kecemasan akan menabrak dan menyebabkan mobil lecet atau bahkan rusak. Lalu bagaimana cara belajar mobil manual dengan aman? Salah satu caranya adalah dengan mengikuti kursus setir mobil atau yang juga disebut kursus mengemudi.

 

 

Dewasa ini telah banyak tempat yang menyediakan jasa kursus setir atau mengemudi mobil. Tarif kursus pun beragam, mulai dari Rp100.000,- hingga 300.000,- per pertemuan. Selain itu ada pula kursus yang menawarkan tarif per paket, misalnya sekian juta untuk sekian kali pertemuan.

Mahal atau murahnya suatu tarif merupakan kebijakan dari masing-masing tempat kursus. Meskipun harus merogoh kocek yang lumayan besar, kursus mengemudi memiliki beberapa keuntungan berikut ini.

 

  1. Keamanan Terjamin

Mobil yang biasa digunakan untuk latihan mengemudi merupakan mobil yang telah dimodifikasi secara khusus, sehingga pada bagian kaki tempat duduk instruktur juga dilengkapi dengan pedal rem dan kompling.

Oleh sebab itu, ada dua jenis keamanan yang terjamin ketika mengikuti kursus mengemudi. Pertama adalah keamanan diri sendiri. Instruktur sigap untuk menginjak rem, sehingga keselamatan diri akan terjamin.

Selain itu, keamanan mobil juga terjamin. Kalaupun mobil lecet karena terjadi kecelakaan yang tidak terhindarkan, maka peserta kursus tidak perlu memikirkan untuk ganti rugi.

Baca Juga:  4 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Merawat Motor Tua Anda

Hal tersebut tentu berbeda jika mobil sendiri yang lecet karena dipakai untuk latihan mengemudi. Mobil harus diperbaiki baik dengan uang sendiri maupun dengan menggunakan asuransi yang memiliki jalur panjang untuk diklaim.

 

  1. Lebih Nyaman Latihan di Jalan Raya

Mobil yang biasa digunakan latihan di kursus setir mobil, umumnya akan menempelkan tanda yang bertuliskan “LATIHAN” yang disertai dengan nama tempat kursus.

Tulisan tersebut membuat pengemudi lain di jalan raya lebih berhati-hati jika berkendara di sekitar mobil latihan, juga akan memaklumi jika mobil dikendarai dengan kecepatan yang lambat atau saat mobil melakukan kesalahan-kesalahan lainnya dalam mengendarai mobil latian tersebut.

 

  1. Memiliki Pengetahuan akan Rambu-rambu Lalu Lintas

Beberapa kursus mobil menyediakan pula pelajaran pengenalan rambu-rambu lalu lintas. Hal tersebut baik, karena pengemudi yang baik tidak hanya tahu cara berkendara, tetapi juga paham rambu-rambu lalu lintas.

Lebih lanjut, dengan memahami rambu-rambu lalu lintas, maka pengendara akan semakin disiplin dalam berkendara, sehingga dapat terhindar dari kecelakaan akibat lalai pada aturan-aturan mengemudi.

Selain itu, paham rambu-rambu lalu lintas merupakan salah satu bahan yang diujikan pada ujian tertulis mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM). Dengan pengetahuan yang diberikan ditempat tes, maka mengerjakan tes pasti akan lebih mudah.

 

  1. Menyediakan Paket Sekaligus Urus SIM

Untuk bisa mendapatkan SIM, harus mengikuti tes-tes tertentu, mulai dari tes tertulis hingga tes praktik. Bagi orang yang benar-benar belum paham prosedur, akan memiliki kecenderungan melakukan kesalahan seperti ada berkas yang kurang atau salah ketika tes praktik.

Hal tersebut bisa menyebabkan gagal mendapatkan SIM atau akan menyita waktu yang cukup panjang di kantor polisi. Namun, pada jasa kursus setir mobil yang menyediakan paket sekaligus urus SIM, peserta kursus tidak perlu repot, dan kepastian untuk lulus tes mengemudi pun lebih tinggi.

Baca Juga:  6 Motor Tua Yang Pernah Hits Di Zamannya

 

Demikian beberapan keuntungan dari mengikuti kursus mengemudi. Tentu saja keuntungan-keutungan tersebut tidak serta-merta dapat dirasakan pada semua tempat kursus. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan survei kredibilitas terlebih dahulu pada tempat-tempat kursus setir mobil.

 

Sumber gambar:

https://www.pexels.com/photo/two-men-inside-moving-vehicle-799463/

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More