Komponen Penting untuk Menunjang Performa Motor Balap

Komponen Penting untuk Menunjang Performa Motor Balap

Motor balap merupakan motor yang identik dengan kecepatan super yang dikendarai oleh orang-orang yang memiliki nyali tinggi untuk mengendalikannya. Nah, untuk mendukung performa balap, tentu harus ada kesesuaian antara sang pembalap dan motor yang dikendarainya. Untuk itu selain keberanian yang harus diasah, performa motor pun juga harus diasah pula.

Komponen Penting untuk Menunjang Performa Motor Balap

Nah, untuk menjadikan motor balap memiliki performa yang super, maka segala komponen-komponennya pun haruslah diperhatikan. Dalam menangani motor racing, tentu butuh kecermatan dari seorang mekanik. Komunikasi dengan sang pembalap pun haruslah dilakukan untuk menyesuaikan antara performa motor dan kemampuan sang pengendara.

Kekuatan motor balap tentunya tergantung dengan kekuatan mesin. Selain kekuatan mesin, ada beberapa komponen yang juga berperan penting untuk menunjang performa motor racing. Nah, lalu apa sih beberapa komponen tersebut? Simak ulasan berikut:

Suspensi

Suspensi atau bagian kaki pada motor juga akan berpengaruh pada performa motor. Dimana modifikasi kaki-kaki juga merupakan poin penting untuk membuat motor racing cukup nyaman dikendarai. Pemasangan suspensi pun juga harus diperhatikan. Settingan suspensi yang mumpuni tentu akan mempermudah sang pembalap dalam mengendarainya. Adapun tahapan setting suspensi bisa dimulai dari mengatur tekanan angin ba, per, kompresi, rebound, dan juga preloud. Pengaturan suspensi merupakan hal yang sangat penting, bahkan bisa 50 :50 dengan setting mesin. Setting suspensi ini sangat berpengaruh pada boros atau tidaknya ban ketika digunakan di lintasan balap. Dengan setting yang benar, maka pemborosan ban pun akan terhindarkan.

Rem

Komponen yang satu ini juga merupakan salah satu komponen yang berada di kaki. Komponen ini juga tak kalah penting dengan komponen lainnya. Rem menjadi salah satu komponen terpenting pada setiap kendaraan, apalagi motor racing. Sebab fungsi rem sendiri sebagai pembantu pengendara dalam mengendalikan kecepatan motor. Apalagi ketika sedang balapan, pasti sang pengendara akan memacu kendaraannya secepat mungkin. Jadi kesehatan rem sendiri tentunya tidak boleh dilupakan, karena akan sangat membahayakan.

Ban

Masih pada bagian kaki, yaitu ban. Ban merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan berperan besar dalam mendukung perofrma motor. Dimana pemilihan ban yang kurang sesuai juga akan membuat performa motor tidak maksimal. Pemilihan ban hendaknya harus disesuaikan dengan kondisi sirkuit dan keadaan cuaca saat itu. Beberapa pabrikan biasanya menawarkan beberapa jenis tipe ban seperti ban tipe kering dan basah.

Pengapian (ECU/CDI)

ECU atau Electronik Control Unit merupakan komponen yang berfungsi melakukan optimasi kerjanya mesin pada kendaraan. ECU juga memiliki peranan yang sangat penting untuk motor.

Nah, itulah beberapa komponen penting yang sangat berperan penting untuk menunjang performa motor balap. Semoga bermanfaat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *