Komponen Pada Mesin Motor Yang Penting

Motor merupakan salah satu sarana transportasi yang paling banyak digunakan. Sebagian besar masyarakat memilih motor karena lebih efektif menembus kemacetan terutama di kota-kota besar. Oleh sebab itu agar kinerjanya baik dan tahan lama penting untuk memperhatikan perawatan mesin motor.Namun sebelum melakukan perawatan, ketahui dan pahami terlebih dulu komponen-komponen yang ada dalam mesin.

Fungsi mesin pada motor adalah sebagai sumber tenaga penggerak, merupakan gabungan sumber tenaga dengan komponen lainnya. Mesin kendaraan ini terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan. Komponen utama mesin berupa silinder blok, silinder kop dan karter. Pada masing-masing komponen tersebut masih terdapat komponen penting lain.

Selain itu, pada setiap masing-masing komponen memiliki berbagai fungsi yang sesuai dengan sistem kerja, misalnya apakah jenis motor 4 tak atau 2 tak. Pembahasan dalam artikel ini kita akan membahas bagian komponen, fungsi dan cara kerja mesin motor 4 tak dan 2 tak yang semuanya sama-sama penting dan mempengaruhi pergerakan motor. Untuk mengetahui secara rinci, berikut ini jenis komponen mesin yang harus diketahui oleh para pengendara motor.

Komponen Tidak Bergerak

Komponen mesin yang tidak dapat bergerak adalah komponen yang tidak bergerak saat mesin dinyalakan. Komponen yang tidak bergerak terdiri dari: silinder had atau silinder kop atau kepala silinder, silinder body, crankcase dsb.

Komponen Yang Bergerak

Komponen pada mesin yang bergerak adalah komponen yang bisa bergerak pada saat mesin dihidupkan, baik dalam gerakan lurus maupun berputar. komponen yang bergerak terdiri dari komponen yang tidak masuk ke dalam suatu sistem pelumasan, pendinginan dan bahan bakar. Komponen ini terdiri dari: katup atau valve, piston, sprocket,connecting rod rocker arm, camshaft atau noken as, rantai dsb.

Baca Juga: AGAR MESIN MOTOR PRIMA, PERHATIKAN KONDISI AKI JANGAN SAMPAI KERING

Sebuah mesin akan memperoleh sumber tenaga dari hasil pengembangan gas yang panas dengan tekanan tinggi dari hasil pembakaran berbagai campuran bahan bakar serta udara yang terjadi pada ruangan tertutup di sebuah ruang bahan bakar.

Mesin pembakaran bagian dalam sendiri biasanya mengarah ke mesin dengan sistem pembakaran yang dilakukan berselang seling yaitu: mesin 4 tak, 2 tak dan beberapa jenis tipe mesin lainnya.

Mesin yang masuk ke dalam jenis mesin pembakaran yaitu: mesin jet dan beberapa jenis mesin roket. Mesin untuk pembakaran bagian dalam berbeda dengan mesin pembakaran di luar. Contohnya: mesin uap dan mesin sterling, sebab pada mesin pembakaran luar energi tidak bisa langsung disalurkan ke fluida kerja yang tidak bisa bercampur dengan hasil pembakaran. Fluida bisa berupa air mendidih, udara, air yang bertekanan dan cairan bahan natrium yang panas.

Nah, setelah Anda mengetahui komponen utama pada mesin motor, selanjutnya bisa baca artikel mengenai tips perawatan mesin pada motor yang benar, masih di situs kesayangan Anda bukalapak.com.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *