Knalpot Motor Anda Bersuara Aneh? Inilah Penyebabnya!

Mungkin Anda ialah pengguna kendaraan roda 2 untuk menjalankan berbagai macam aktifitas atau kegiatan setiap hari. Entah sepeda motor yang berteknologi lawas yaitu menggunakan karburator konvensional atau pun teknologi terbaru yaitu menggunakan sistem yang full injection. Seringkali berbagai macam masalah ada ketika menggunakan motor, salah satunya ialah knalpot motor yang terdengar meledak-ledak atau menembak-nembak di tiap saat. Tentu hal ini akan menimbulkan ketakutan atau mengganggu kenyamanan ketika berkendara.

Seperti yang kita tahu, gejala dengan meledak-ledak atau menembak-nembak ini terjadi ketika selongsong gas motor mengalami tarik ulur seperti knocking. Meskipun motor mempunyai teknologi yang baru seperti injeksi, bukan tidak mungkin kendaraan seperti ini mempunyai efek seperti ini, memang kejadian ini banyak dialami oleh pengguna motor yang menggunakan karburator. Sehingga bila hal ini terjadi, pengguna pun harus lebih cepat untuk mengecek di bengkel yang terpercaya.

Efek dari knocking ini dihasilkan dari lubang buangan knalpot motor yang dikarenakan kurang optimalnya campuran pembakaran diantara oksigen dan bahan bakar. Oleh karena itu bila motor didalam kondisi ini, Anda harus mengatur sesuai dengan teknologinya masing-masing. Untuk Anda yang mempunyai motor dengan teknologi lawas, Anda bisa menyetingnya dengan cara yang manual lewat kerburatornya.

Namun untuk motor yang baru, atau yang mempunyai teknologi injeksi, Anda harus menyerahkan motor ke bengkel resmi yang mempunyai alat diagnostic tool yang lebih memadai. Dengan alat ini akan bisa mengatur pencampuran bahan bakar serta oksigen sehingga nantinya bisa memberikan pembakaran yang lebih pas serta tidak menimbulkan efek yang serupa. Selain ini, bisa juga masalah packing knalpot yang kurang sempurna atau pun mengalami kebocoran juga bisa menimbulkan efek ini, dengan kondisi ini, pemilik si kendaraan direkomendasikan agar merawat kendaraan secara berkala agar tidak memperoleh permasalahan yang kurang di inginkan.

Berikut langkah untuk merawat knalpot motor, antara lain:

  • Jika di bagian silencer knalpot Anda mempunyai bahan chrome, Anda bisa mengelapnya dengan kain lembut agar nantinya tidak terdapat goresan yang bisa menyebabkan kurang baik pada penampilan motor Anda,
  • Untuk karat atau pun noda bandel, Anda bisa menggunakan cairan portex, dikarenakan dengan cairan ini korosi atau karat yang bandel akan bisa menghilang. Namun Anda harus hati-hati untuk menggunakan cairan ini, bila mengenai blok mesin bisa meluncurkan blok pada mesin sendiri,
  • Selalu periksa lubang pada pembuangan air yang berada di bagian bawah silencer di tiap knalpot, bila tersumbat Anda dapat menusuk lubang pembuangan air dengan menggunakan lidi,
  • Periksa knalpot pada packing knalpot dan periksa kekencangan baut di penyangga knalpot, dikarenakan jika pembuangan kurang sempurna akan menyebabkan bahan bakar menjadi boros.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *