Kisah Motor Vespa

Kita berbicara tentang sejarah sosial jika menyebut nama Vespa. Pada masa setelah perang, Vespa menjadi pilihan kendaraan roda dua yang diminati oleh masyarakat dunia. Bahkan di negara Indonesia, setelah Vespa Congo masuk ke dalam negeri, banyak produsen yang mulai menjual langsung bagi konsumen dalam negeri karena pada saat itu begitu besar peminat skuter Vespa tersebut. Sebelum membicarakan tentang Vespa, sedikit kita bahas tentang perusahaan Piaggio yang dibangun oleh Rinaldo Piaggio pada umur 24 tahun. Tahun 1884, Rinaldo membangun perusahaan tersebut dengan memulai usaha membangun kapal mewah, kereta, hingga body truk. Dengan usaha tersebut, ia pun mulai ekspansi dan membangun pabrik di Pisa pada tahun 1917 dan empat tahun berikutnya kembali ia membangun pabrik di Pondetera. Sebelum dan sesudah Perang Dunia II, Piaggio merupakan produsen pesawat terbaik yang dimiliki Italia sebelum akhirnya pabriknya hancur akibat perang. Setelah perang berakhir, barulah kisah motor Vespa di mulai.

Putra dari Rinaldo, Enrico dan Armanco Piaggio, yang kembali membangun pabrik di Pontedera yang hancur akibat perang. Kini, fokus mereka adalah pada mobilitas personal dan semenjak itulah nama Vespa menjadi bagian dari sejarah. Vespa sendiri berarti lebah dan seperti lebah yang suka menyengat, Vespa sudah mampu ‘menyengat’ dunia selama tujuh dekade. Dengan niat memberikan kendaraan pribadi dengan harga murah, kini persaingan Vespa dan kendaraan bermotor lainnya menjadikannya sebagai salah satu kendaraan bermotor yang paling diminiati di dunia. Dengan tampilan yang elegan, ikonik dan menawan, Vespa kian berkembang mengikuti perkembanha jaman. Berkat insyinyur dan arsitek motor vespa yang terus melakukan perubahan dan pengembangan pada mesin, body, lampu bahkan roda, maka mereka mampu terus menjadi pilihan bagi para konsumen di seluruh dunia.

Baca Juga: HARGA VESPA TERBARU DAN TERKINI

Mulai tahun 1943, Vespa memroduksi kondaraan roda dua. Karena pada saat itu jalanan masih belum baik akibat perang, generasi awal skuter Vespa memiliki body kokoh dan kuat. Sebut saja Vespa 1943 MP5 Paperino atau Vespa 1945 MP6 Prototype yang mampu melaju pada jalanan yang kurang baik. Generasi selanjutnya, perusahaan Piaggio mulai berinovasi dan membuat motor Vespa yang mampu melaju di sirkuit dan melaju dengan kecepatan tinggi. Vespa 98 CORSA CIRCUITO salah satu dari generasi motor Vespa “balap” yang di produksi oleh Piaggio. Hingga kini, 70 tahun setelahnya, Piaggio Vespa masih menjadi pilihan masyarakat dalam memilih skuter. Dan berkat inovasi yang di berikan demi memuaskan konsumen, walau harga satu motor Vespa bisa mencapai harga ratusan juta, namun penjualan tiap tahun perusahaan ini masih baik dan memberikan keuntungan yang besar bagi pihak perusahaan.

Generasi Matic dari Piaggio seperti Vespa Ferrari ET4 150, Vespa Traffeli, Vespa LX, Vespa GTS 250 IE, Vespa GTV – LXV, Primavera, Sporty hingga Vespa 946 merupakan pilihan yang ada di pasaran Indonesia saat ini. Kisaran harga dari Rp. 30.000.000 hingga Rp. 150.000.000. Fitur injeksi, kapasitas mesin dan torsi yang meningkat dari generasi sebelumnya, sistem pengereman yang inovatif, dan tampilan serta pilihan warna yang bervariasi menjadikan Vespa tetap tiada duanya di pasaran Indonesia maupun dunia. Demikian sekelumit kisah motor Vespa yang berhasil di himpun dari berbagai sumber, semoga bermanfaat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *