Kiat Merawat Mesin Motor Injeksi Agar Tetap Awet

Sepeda motor memang sudah sangat akrab dengan kehidupan kita di masa kini, motor memang dikenal sebagai salah satu transportasi yang murah dan nyaman. Dewasa ini sepeda motor keluaran terbaru telah menggunakan teknologi mesin injeksi. Motor injeksi memang dikenal sebagai motor yang lebih ramah lingkungan dan pastinya irit, akan tetapi bukan berarti motor injeksi tidak memerlukan perawatan khusus. Jika ingin mesin motor Anda tetap dalam kondisi prima dan tetap awet, Anda harus merawatnya dengan baik. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Gunakan bahan bakar dengan oktan tinggi.

Cara termudah merawat motor injeksi adalah dengan menggunakan bahan bakar (bensin) dengan oktan yang tinggi, yaitu di atas 90 karena dapat menyempurnakan proses pembakaran dalam mesin. Jika Anda menggunakan bensin dengan oktan yang rendah, maka dapat menyisakan kerak pada sistem injeksinya dan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin. Bahan bakar yang tidak sesuai dan berkualitas buruk juga dapat menyumbat lubang injektor.

Selain itu, jangan biarkan tangki bahan bakar terlalu kosong atau habis saat dikendarai. Karena akan mudah dimasuki kotoran yang mudah terserap dalam tangki dan menghambat kinerja serta performa mesin. Jangan malas untuk cek tangki.

  • Cek kondisi aki.

Mesin motor teknologi injeksi sangat bergantung pada keberadaan aki untuk menghidupkan mesin dan sistem pembakarannya. Oleh karena itu, bagi Anda pengguna motor injeksi, sebaiknya rajin-rajin mengecek kondisi aki. Jangan sampai tekor. Aki yang tekor bisa membuat mesin jadi cepat rusak. Selain itu, aki juga berguna untuk menyalakan komponen motor lain seperti sein dan klakson. Jika sekiranya air aki sudah mulai habis, segera tambahkan air. Atau bagi Anda pengguna aki kering, ganti aki sebelum benar-benar habis.

  • Periksa ECU.

ECU atau Electronic Control Unit merupakan otak dari pengoperasian mesin sistem injeksi. Keseluruhan pengoperasian unit injektor dari takaran bahan bakar hingga buka-tutup katup injektor diatur oleh unit ECU ini. Jika ECU terganggu, maka seluruh sistem akan bermasalah. Mesin pun juga tidak dapat bekerja dengan optimal. Namun jika Anda kurang paham dengan ECU, sebaiknya mintalah periksa mekanik atau montir yang berpengalaman dengan mesin injeksi.

  • Servis berkala.

Baik motor dengan mesin injeksi maupun non-injeksi, servis secara berkala adalah cara termudah merawat mesin motor. Sederhana saja, kita mungkin masih sangat awam dengan mesin di motor, bahkan bisa jadi kita tidak tahu apakah oli atau komponen lain sudah harus diganti atau belum, jadi untuk lebih mudahnya, bawa saja motor ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan sekaligus perbaikan pada komponen mesin dan motor secara keseluruhan jika memang ada yang dirasa kurang baik.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *