Kiat Memilih Jok Motor yang Tepat dan Nyaman untuk Anda

Kiat Memilih Jok Motor yang Tepat dan Nyaman untuk Anda

Jok menjadi salah satu bagian dari kendaraan yang harus diperhatikan sebab bisa berpengaruh pada kenyamanan Anda sebagai pengguna atau yang membonceng kendaraan tersebut. Untuk memilih jok yang tepat seperti jok motorterdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu selain mempertimbangkan mengenai jenis bahan apa yang akan dipergunakan untuk membuat atau melapisi jok tersebut.

 Kiat Memilih Jok Motor yang Tepat dan Nyaman untuk Anda

Terdapat point penting yang harus diperhatikan. Pertama adalah sesuaikan jok yang kendaraan roda dua tersebut dengan tipe motor Anda. Bentukan jok akan bergantung dengan model atau bentuk dari sepeda motor yang disebabkan karena tipe serta kegunaannya. Misalnya untuk jenis motor model cruser yang seharusnya mempunyai jok yang lebih rendah yang disebabkan karena mesin yang diletakkan di bagian bawah biker. Sedangkan untuk jenis motor sport, jok dibuat lebih tinggi.

Kedua adalah sesuaikan dengan bentuknya. Anda bisa menyesuaikan bentuk jok motor sesuai dengan bentuk asli dari sepeda motor Anda misalnya jenis sepeda motor untuk offroad jelas memiliki jok yang lebih ramping jika dibandingkan dengan motor bebek. Dengan model jok yang ramping membuat paha Anda bisa menurun hampir sepenuhnya sehingga membantu anda untuk lebih mudah menapak tanah. Sedangkan jika motor sport, biasanya memiliki jok yang melebar sehingga menyebabkan paha menjadi tertahan dan kaki Anda menjadi susah untuk menapak apalagi Anda memiliki kaki yang tidak terlalu tinggi.

Baca Juga:CARA MERAWAT JOK MOTOR AGAR TIDAK MUDAH SOBEK

Ketiga adalah sesuaikan ketinggian jok dengan tinggi badan Anda. Tidak jarang yang mengabaikan tinggi badan pengendara dengan tinggi jok kendaraan bermotor. Akan tetapi, jika jok terlalu tinggi justru bisa menyebabkan Anda kesusahan menjaga keseimbangan motor saat berhenti. Karena hal tersebut, Anda dapat menyesuaikan kenyamanan Anda saat menggunakan motor dan kemampuan untuk menjaga keseimbangan motor saat kendaraan roda dua tersebut berhenti agar tidak roboh, apalagi jika Anda dalam posisi memboncengkan orang. Jok terlalu pendek juga bisa menyebabkan kaki tidak nyaman karena kaki anda harus menekuk apalagi untuk waktu yang lama.

Point penting lainnya yang harus Anda perhatikan saat memilih jok motor yang tepat untuk Anda, yaitu:

  • Pertimbangkan mengenai apakah pergantian atau pemasangan jok tersebut berpengaruh pada performa dari motor Anda. Tidak sedikit yang asal memasang jok baru karena jok lama rusak atau sudah bosan menggunakan jok tersebut sehingga setelah memasang jok yang baru, justru bisa menyebabkan handling motor menjadi susah dikendalikan. Beberapa masalah yang bisa terjadi karena pemasangan jok yang asal adalah bisa mempengaruhi tekanan peredam kejut yang akan semakin keras, melibas tikungan dan geometri suspensi menjadi berubah.
  • Pertimbangkan mengenai harga dari jok tersebut. Sesuaikan dengan budget yang Anda miliki sehingga pergantian jok tersebut tidak menyebabkan Anda kesusahan misalnya kantong menipis.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *