Kiat Memilih Dinamo Motor Paling Tepat

Dinamo atau motor merupakan kompenen penggarak yang fungsinya sangat penting bagi kendaraan listrik. Dinamo dijadikan sebagai pengganti mesin pada kendaraan listrik yang ukurannya kecil. Bahkan, dinamo banyak dimanfaatkan untuk penggerak pada mainan seperti misalnya mobil tamiya. Kecepatan yang dihasilkan oleh mobil atau kendaraan listrik lainnya sangat dipengaruhi oleh jenis dinamonya. Salah satu jenis kendaraan yang memanfaatkan dinamo sebagai kompenen penggeraknya adalah mobil mini 4WD (wide door). Jenis mobil yang berukuran mini ini banyak dimanfaatkan sebagai mobil balap atau mobil traveling. Untuk menambah kecepatan atau ketahanan dayanya, banyak hal yang dilakukan oleh pemiliki mobil, salah satunya adalah dengan memasang dinamo dengan kecepatan yang tinggi. Berikut ini adalah ulasan mengenai kiat-kiat memilih dinamo motor paling tepat.

Dinamo motor banyak dimanfaatkan oleh mobil listrik skala kecil yang biasanya berwujud gokart atau mobil-mobil yang digunakan sebagai kendaraan wahana. Dengan memanfaatkan dinamo yang tepat, maka kecepatan mobil akan bertambah. Tidak heran jika penggemar otomotif seperti gokart akan memilih dinamo yang paling baik agar menghasilkan kecepatan seperti yang diinginkan meski mereka tidak jarang harus mengeluarkan beaya yang mahal. Dalam memilih dinamo, hendaknya disesuaikan dengan daya yang dibutuhkan oleh kendaraan tersebut. Kiat-kiat memilih dinamo yang akan dibahas dalam artikel ini diuraikan berdasarkan dayanya masing-masing.

Motor/ Mobil dengan Daya 250W

Motor atau mobil dengan daya di bawah 250W biasanya merupakan jenis kendaraan untuk mainan anak-anak, yang kecepatannya tidak akan lebih dari 30KM/ jam. Kendaraan jenis ini sering dimanfaatkan sebagai kendaraan wahana yang disewakan di tempat-tempat wisata. Untuk kendasaraan jenis ini cocok menggunakan dinamo DC, sebab torsinya di bawah 10Nm atau sangat rendah, sementara untuk RPMnya sekitar 200-800rpm. Penggerak motor yang satu ini menjadi favorit untuk jenis kendaraan berdaya rendah karena kontrollernya yang murah. Harga dinamonya sendiri di bawah satu juta rupiah, yang dilengkapi dengan internal gearbox dengan kualitas yang lumayan bagus. Sementara harga kontrollehnya hanya di bawah Rp. 500-ribu.

Baca Juga: KLIK SEKARANG HARGA BERBAGAI SPAREPART MOTOR TERBARU JANUARI 2017

Motor/ Mobil dengan Daya 350W

Jenis kendaraan yang memiliki daya 350W umumnya adalah kendaraan yang menyatu dengan velg roda, atau juga sepeda listrik. Kendaraan dengan daya 350W biasanya memiliki kecepatan hingga 45KM/ jam, dengan torsi sekitar 20-30Nm, dan putaran antara 300-400rpm. Untuk kendaraan dengan daya sekitar 350W yang memiliki bobot di atas 200Kg sebaiknya dilengkapi dengan dua kontroller. Harga dinamo dengan daya 350W biasanya dijual dengan harga Sekitar Rp.1,7-jutaan.

Kendaraan dengan Daya di Atas 800W

Kendaraan dengan daya di atas 800W biasanya memiliki kecepatan hingga 65km/ jam atau bahkan mencapai 80km/ jam. Untuk kendaraan jenis ini, disarankan memakai dinamo motor dengan torsi sekitar 30Nm, dengan putaran antara 3000-6000Rpm. Untuk harga, dinamo yang menunjang daya 800W memang agak mahal. Harganya mencapai belasan juta rupiah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *