Home Perawatan Motor Kiat-kiat Merawat Motor Matic yang Dapat Anda Lakukan

Kiat-kiat Merawat Motor Matic yang Dapat Anda Lakukan

by Rhonda Olson
Kiat-kiat Merawat Motor Matic yang Dapat Anda Lakukan

Motor matic saat ini sudah digunakan oleh pria maupun wanita. Namun tentunya perawatan motor jenis ini pastinya berbeda dengan motor yang menggunakan gigi manual. Namun untuk melakukan perawatan, Anda juga dituntut untuk cermat dan juga teliti. Sebab perawatan yang tidak baik akan mengakibatkan peforma motor Anda menjadi tidak sebaik sebelumnya. Bagi Anda yang sedang mencari tahu bagaimana cara melakukan perawat motor jenis ini dengan baik dan benar, maka berikut ini tips untuk Anda untuk melakukan perawatan motor jenis matic agar perfomanya tetap baik.

Kiat-kiat Merawat Motor Matic yang Dapat Anda Lakukan

Memerhatikan timing belt

Anda harus tahu bahwa timing belt ini merupakan bagian dari motor matic yang sifatnya sangat vital. Fungsi dari timing belt ini adalah, sebagai penggerak roda motor bagian belakang. Sedangkan fungsi utamanya tidak jauh berbeda dengan rantai pada motor yang bertransmisi. Itulah mengapa Anda harus memerhatikan bagian ini agar tidak mengeras, sebab ketika bagian ini mengeras, maka motor Anda akan menjadi sulit untuk berjalan dan agak terhambat jalannya.

Memerhatikan Oli CVT

CVT atau singkatan Continous Variable Vransmission berfungsi sebagai transmisi di motor matic. CVT ini bekerja dengan cara mengganti transmisi langsung sesuai dengan kecepatan Anda ketika menaiki kendaraan. CVT merupakan letak utama penggerak motor dan menjadi bagian penting pada motor jenis matic. Untuk itu sebaiknya, Anda memerhatikan oli pada CVT tersebut dan menggantinya secara berkala untuk menjaga transmisi pada motor Anda tetap terjaga.

Mengganti Oli Mesin secara berkala

Oli mesin menjadi salah satu kebutuhan motor matic yang harus dipenuhi. Untuk itu, sebaiknya Anda selalu melakukan pengecekan oli mesin motor Anda setiap bulan dan melakukan penggantian secara berkala sesuai dengan pemakaiannya agar oli motor Anda selalu baru. Biasanya, ketika oli mesin sudah kotor dan tak kunjung diganti maka akan membuat mesin motor Anda rusak. Untuk itu sebaiknya dilakukan penggantian oli motor setelah motor Anda menempuh jarak sekitar 3000km atau paling tidak 3 bulan sekali untuk tetap menjaga kebersihan mesin motor.

Rutin memanaskan motor

Baca Juga:  Berbagai Aksesoris Motor yang Dilarang Digunakan

Memanaskan mesin motor matic Anda harus dilakukan secara rutin sebelum digunakan. Paling tidak dipanaskan mulai dari 5 – 10 menit sebelum motor siap untuk digunakan.

Mengkondisikan kecepatan motor tetap stabil

Anda tidak disarankan untuk melakukan pengegasan tiba-tiba ketika sedang menaiki motor matic. Tidak hanya pengegasan, Anda juga tidak disarankan untuk menurunkan kecepatan secara langsung ketika Anda sedang berada dalam kecepatan tinggi.

Tangki motor jangan sampai kosong

Cara merawat motor matic selanjutnya usahakan tidak mengisi bahan bakar sampai tangki motor Anda kosong. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya keausan mesin.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More