Ketahui Aturan Membunyikan Klakson Motor yang Tepat Berikut Ini!

Ketahui Aturan Membunyikan Klakson Motor yang Tepat Berikut Ini!

Jika pada sepeda Anda bisa menggunakan bel untuk menyapa ataupun untuk memberikan tanda agar minggir atau agar orang lain tahu keberadaan Anda, maka di motor ada klakson. Beberapa waktu yang lalu, klakson motor seperti klakson yang memiliki bunyi seperti sirine marak dipilih walaupun sudah dilarang. Selain aturan penggunaan sirine sebagai klakson kendaraan, kecuali untuk jenis kendaraan tertentu seperti ambulance, terdapat pula aturan untuk membunyikan klakson kendaraan bermotor.

 Ketahui Aturan Membunyikan Klakson Motor yang Tepat Berikut Ini!

Etika membunyikan klakson ternyata ada dalam Peraturan Pemerintah No. 43 Th 1993 yang mengatur mengenai Prasarana dan Lalu Lintas Jalan. Di Undang-undang No. 22 Th 2009 pasal 285 ayat 1 yang intinya menyebutkan jika setiap pengemudi sepeda motor di jalanan yang tidak memenuhi persyaratan secara teknis dan layak jalan dan 1 diantaranya adalah klakson maka akan dipidana dengan masa kurungan penjara paling lama 1 bulan atau denda sebesar Rp 250.000.

Etika terkait dengan penggunaan klakson motor yaitu pertama adalah klakson tidak dibunyikan saat malam hari. Hal ini disebabkan saat malam hari, kendaraan bermotor memiliki sinar lampu yang bisa dipergunakan sebagai penanda jika ada kendaraan yang akan lewat atau untuk menandakan keberadaan. Penggunaan lampu juga bisa dipergunakan untuk memberikan tanda jika akan menyalip kendaraan yang ada di depannya misalnya memberikan tanda lampu jauh tanpa harus membunyikan klakson.

Baca Juga:CARA MEMBUAT KLAKSON MOTOR TERDENGAR KERAS DAN NYARING

Kedua adalah saat ada yang menyeberang atau saat macet. Pada siang hari, akan banyak pejalan kaki atau pengguna kendaraan yang sering menempatkan kendaraan atau menggunakan kendaraan sembarang tempat sehingga mengganggu pengendara. Klakson juga bisa dibunyikan saat terjadinya macet panjang termasuk saat di lampu merah. Akan tetapi, hindari membunyikan klakson terlalu panjang atau terlalu lama karena hal tersebut dapat menyulut emosi dari pengguna jalan lain.

Aturan lainnya membunyikan klakson motor yang harus Anda ketahui adalah:

  • Ketika hendak mendahului kendaraan yang lainnya yang ada di depan Anda. Anda bisa memberikan tanda pada kendaraan depan Anda sebelum Anda mendahului kendaraan tersebut dengan membunyikan klakson hanya 1 kali. Menekan klakson beberapa kali bahkan dalam waktu yang lama, bisa menyebabkan orang lain atau yang ada di depan Anda menjadi jengkel dan justru tidak akan memberikan Anda jalan.
  • Setelah mendahului kendaraan lain. Umumnya, setelah menyalip kendaraan lainnya, Anda bisa memberikan atau membunyikan ½ kali bunyi klakson atau tidak terlalu ditekan sebagai ungkapan terima kasih. Biasanya, Anda juga akan mendapatkan jawaban seperti ‘terima kasih kembali’ lewat klakson dari kendaraan yang Anda dahului tersebut.
  • Membunyikan klakson di tempat tertentu misalnya di tempat yang sering terjadi kecelakaan atau di tempat yang sepi. Karena dengan membunyikan klakson sebanyak 1x tersebut dianggap sebagai ungkapan permisi untuk melewati jalan tersebut.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *