Kerugian Menggunakan Knalpot Motor yang Dimodifikasi Sendiri

Motor adalah jenis kendaraan yang paling banyak digunakan di Indonesia terutama oleh anak muda. Karena mempunyai motor sendiri biasanya anak mudah cenderung bertindak sesukanya dengan cara mengekspresikan diri lewat motor yang dimilikinya. Hal tersebut dilakukan dengan modif motor dari spion, ukuran ban motor, lampu motor, bahkan juga hingga knalpot motor. Motor tersebut dimodif dengan kepribadian masing-masing baik dari ukuran, fungsi, suara yang ditimbulkan, dan juga warna dari knalpot pada motor tersebut. Modif knalpot tersebut juga karena gengsi dengan teman yang juga mempunyai hobi yang sama yaitu modif motor dan juga knalpot. Untuk terlihat bergaya anak muda tidak segan untuk mengambil resiko dan kerugian yang bisa ditimbulkan karena perbuatannya tersebut. Diantaranya kerugian yang bisa didapatkan karena modif knalpot pada motor secara sembarangan adalah sebagai berikut:

  • Melanggar aturan hukum di Indonesia

Kerugian pertama apabila memodif knalpot pada motor yang dimiliki adalah bisa terkena razia polisi. Untuk knalpot pada kendaraan roda dua ini sendiri mempunyai aturan sendiri yang harus dipatuhi oleh masyarakat sehingga apabila dimodif dan ketahuan maka nantinya apabila ada razia kendaraan oleh polisi pasti akan terkena sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pemiliknya sendiri bisa untuk dibawa ke kantor atau motornya yang akan diamankan apabila tidak juga dikembalikan seperti semua dan masih menggunakan knalpot yang dimodif.

  • Menimbulkan suara bising

Kerugian selanjutnya ketika memodifikasi knalpot motor adalah dapat menghasilkan suara yang bising. Hal ini bagi penggunanya yang masih mudah terlihat keren tetapi bagi pengguna jalan yang lain akan tidak menyenangkan. Untuk aturan sendiri suara knalpot dari sepeda motor ini tidak boleh lebih dari 85 desibel. Atau akan dikenakan denda apabila terkena razia oleh polisi. Sehingga bukan hanya merugikan diri sendiri modif knalpot ini juga akan mengganggu orang lain karena suara bising yang dihasilkan.

  • Kurang aman

Kerugian yang paling besar ketika menggunakan knalpot yang telah dimodifikasi adalah karena tidak aman ketika digunakan. Pabrikan motor sendiri pastinya telah menghitung dan mempertimbangkan dengan matang semua komponen pada motor dan telah dipilih yang terbaik. Oleh karena itulah apabila memodifikasi motor tersebut justru akan membuat keselamatan menjadi berkurang untuk pengendaranya.

  • Kerugian garansi dan juga asuransi

Dan kerugian terakhir yang bisa dirasakan oleh pengguna motor yang knalpot nya dimodifikasi adalah rugi secara finansial. Dengan garansi pabrik yang hilang sehingga juga tidak bisa mengajukan klaim ketika terjadi kecelakaan. Karena bisa disebabkan kesalahan pengendara motor sendiri yang mengabaikan keselamatannya dengan memodifikasi knalpot motor demi penampilan motor yang akan dianggap lebih keren. Padahal justru hal tersebut menimbulkan banyak kerugian yang akan didapatkan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *