Kelebihan dan kekurangan Motor Tua

Anda berminat memiliki motor tua ? Mungkin bagi sebagian dari anda ada yang dengan senang hati mengatakan iya. Mungkin karena memang menyukainya atau mungkin juga sebatas menjaga kenangan dimasa lalu. Atau bisa juga sebatas ingin coba memiliki. Alasannya bisa bermacam – macam tentu saja. Tapi sebelum itu ada baiknya mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan motor tua sebelum anda berniat memilkinya.

Kelebihan

Makin tua makin jadi. Mungkin istilah itu cukup mengena untuk menggambarkan motor tua. Ada beberapa kelebihan yang bisa menjadi bahan pertimbangan yaitu :

  • Biaya perbaikan relatif lebih murah

Fitur mesin yang relatif masih sederhana seperti masih menggunakan  karburator salah satunya. Hal ini memudahkan untuk memperbaikinya tidak memerlukan alat dengan teknologi dan program khusus seperti motor injeksi. Akibatnya biaya perbaikan pun bisa lebih murah karena bisa dilakukan sendiri juga di rumah.

  • Investasi

Tidak sedikit orang yang menjadikan motor tua sebagai bentuk investasinya. Layaknya harta karun, nilai kendaraan ini justru semakin naik. Makin tua makin mahal harganya. Jadi memang tidak salah atau setidaknya memang bisa dijadikan alternatif untuk berinvestasi.

  • Tampilan keren dan menunjukan prestise

Bedanya motor tua dengan motor baru adalah tampilannya yang sudah tidak umum lagi. Hal inilah yang menjadikan tampilannya jadi menarik,cool dan keren. Apalagi memang desainnya memang rata – rata terlihat laki – laki untuk beberapa jenis tertentu. Atau bisa tampak sangat eksotik untuk jenis lainnya. Nah untuk jenis – jenis tertentu bisa menunjukan prestise seseorang. Faktor sangat langka dan harganya yang fantastis menjadikan suatu kepastian pemiliknya memiliki sisi finansial yang kuat. Itulah prestisenya.

Kekurangan

Ribet. Itulah yang biasanya terucap bila berhadapan dengan orang yang tidak menggemari motor tua. Tidak sepenuhnya salah memang. Karena dibalik segala kelebihannya,kendaraan tua ini memiliki sisi kekurangan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

  • Sering bermasalah

Memang faktor usia tidak bisa dipungkiri berpengaruh sangat besar. Maklum kendaraan yang harusnya masuk museum,masih kita pakai. Meskipun dirawat dengan baik,tetap saja rentan bermasalah. Disitulah seninya,kesabaran dan ketelatenan anda akan diuji.

  • Onderdil yang langka

Anda bayangkan motor produksi entah tahun berapa yang mana keberadaanya pun sudah bisa dihitung jari,dan kita harus cari onderdilnya bila bermasalah. Memang seringkali  bisa diakali dengan jenis yang lain. Tapi bagi yang menginginkan kesempurnaan tentu saja menjadi hal yang dihindari. Maka proses pencarian pun menghasilkan harga yang mahal biasanya. Tapi lagi – lagi disitulah seninya kata penggemar kendaraan jenis ini.

Nah, sekarang mulai ada sedikit gambaran bukan? Tinggal anda pertimbangkan dengan matang. Dan jangan lupa banyak sharing dengan orang yang lebih dulu memilikinya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *