Kekurangan Dan Kelebihan Penggunaan Helm Full Face

Kekurangan Dan Kelebihan Penggunaan Helm Full Face

Menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor adalah suatu keharusan. Ini bukan hanya tentang peraturan kepolisian mengenai hal ini, tapi hal lain juga. Ini lebih tentang sisi keselamatan  anda saat berkendaraan.Helm sendiri secara umum terbagi 2 yaitu helm full face dan helm half face. Saat ini kita akan mengajak anda untuk mengulas tentang kekurangan dan kelebihan penggunaan helm full face.

Kekurangan Dan Kelebihan Penggunaan Helm Full Face

Helm full face adalah helm yang menutupi atau melindungi seluruh bagian dari kepala dari belakang ke depan.  Jika pada helm half face, bodi helm hanya sampai rahang bawah dan bagian wajah full dilindungi oleh kaca, maka helm full face lain lagi. Helm ini bodinya hampir seluruh kepala dan hanya penggunaan kaca hanya untuk bagian sekitar mata dan hidung.

Nah, seperti yang disebutkan sebelumnya, kita akan coba ulas kekurangan dan kelebihan penggunaan helm jenis ini. Untuk anda yang ingin tahu ulasannya, simak  di bawah ini :

Kekurangan penggunaan helm full face :

  • Panas dan gerah

Mungkin memang kalau dari sisi safety ini lebih optimal, tapi ada sisi lain yang menjadi dampaknya. Karakter helm ini yang menutupi seluruh bagian kepala akan membuat gerah atau panas. Apalagi digunakan pada siang hari, akan lebih lagi rasanya. Jelas ini akan membuat penggunanya tidak nyaman.

  • Kaca menguap

Karena sifatnya tertutup, pada bagian kaca akan timbul uap pada saat digunakan ketika hujan deras, cuaca berkabut dan dimusim dingin. Uap pada kaca jelas mengganggu penglihatan anda. Jika tidak sering dibersihkan akan sangat berbahaya tentunya.

  • Terbatasnya aktifitas yang berkaitan dengan mulut

Karena ada bagian bodi helm yang juga menutupi bagian mulut, ini membuat aktifitas yang berkaitan denga mulut terbatas. Misal anda yang terbiasa merokok sambil naik motor, maaf anda tidak bisa lagi melakukannya jika memakai helm jenis ini. Walaupun sebenarnya tidak bagus juga kalau merokok sambil naik motor.

Kelebihan penggunaan helm full face

  • Lebih safety

Karena bentuknya yang menutupi sekuruh bagian kepala, maka jelas helm ini lebih safety dan yang half face. Contohnya helm half face tidak melindungi bagian rahang samping,dagu dan mulut, dalam arti hanya ter cover oleh kaca. Nah, kalau yang full face rahang samping, dagu dan mulut juga terlindungi oleh bagian bodi helm yang kokoh.

  • Melindungi wajah

Ini sangat jelas karena bagian depan atau bagian wajah pun sangat terlindungi atau tertutup. Jadi wajah anda akan terlindungi dari panasnya sinar matahari, derasnya hujan, asap, debu dan yang lainnya.

  • Tampilan lebih baik

Dari segi tampilan jelas helm ini memberikan efek fashion yang  lebih baik buat anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *