Kawasaki H2R Predator, Racing Only-Sportbike Kembaran Kawasaki H2

Kehadiran motor sport Kawasaki H2 beberapa waktu lalu memang sudah cukup menyita perhatian para bikers dunia, mengingat Kawasaki H2 dinobatkan sebagai sport bike paling kencang sedunia dan dapat digunakan di jalanan umum seperti motor sport biasa. “Kembaran”nya Kawasaki H2, Kawasaki Ninja H2R Predator adalah sport bike yang dikhususkan untuk sirkuit saja atau race only. Produk Kawasaki yang terbaru, Ninja H2 tersebut diperkenalkan di ajang pameran otomotif internasional EICMA yang dihelat di Milan, Italia.

  • Desain rangka dan tampilan.

Ninja H2R ini bisa dibilang versi sirkuitnya Ninja H2, mereka sama-sama bermain di kelas 1000 cc. Peluncurannya pun hanya berselang satu bulan setelah peluncuran Kawasaki Ninja H2, yakni pada Desember 2014. Tampil seperti anak kembar, Ninja H2R Predator juga memiliki tampilan serupa dengan Ninja H2 Carbon. Kawasaki menyerahkan sepenuhnya desain sportbike ini pada Kawasaki Heavy Industry yang kemudian dibayar dengan sistem aerodinamis modern yang canggih yang disematkan pada Ninja H2R Predator ini. Karena memiliki tipe rangka trellis maka dapat menghasilkan kestabilan yang baik pada saat melaju kencang. Bahkan dengan rangka seperti ini, menghasilkan akselerasi dan juga kecepatan maksimum lebih mudah daripada dengan motor bertipe rangka twin spar.

  • Dimensi besar, performa handal.

Beralih ke dimensinya, Kawasaki H2R memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil daripada kembarannya, Ninja H2. Otomatis bobotnya pun lebih ringan, yakni 216 kg. Namun dengan dimensi sedemikian rupa, membuat sportbike ini dapat melaju mulus di sirkuit balap dan menghasilkan top speed dengan lebih mudah, tak hanya karena sistem aerodinamis pada rangkanya saja. Ukuran tangki pada Ninja H2R Predator ini sanggup menampung bahan bakar hingga 17 liter.

Baca Juga: SPESIFIKASI MOTOR NINJA 300 YANG SUPER KEREN

  • Kaki-kaki yang tangguh.

Karena dimensinya yang lebih kecil daripada kembarannya, Ninja H2R dibekali dengan ban gambot dengan ukuran 120/60 untuk roda depan dan 190/65 untuk roda belakang dengan velg yang berukuran 17 inchi sehingga menghasilkan stabilitas saat melaju di lintasan balap. Suspensi depan Ninja H2R Predator Fork Upside Down dengan ukuran 43 mm dan bagian belakangnya menggunakan New Uni-Trak with Gas Charged-Shock yang menyempurnakan kestabilannya. Dari segi brake alias pengereman, Ninja H2R Predator dilengkapi dengan piringan cakram dual disk-brake semi floating 330 mm dan 4 piston kaliber untuk bagian depan dan single disk-brake 250 mm di bagian belakang.

  • Dapur pacu.

Tak lengkap jika tidak berbicara soal mesin dan performanya, Kawasaki H2R Predator dibekali dengan dapur pacu berkapasitas 998cc DOHC 16 valve 4 cylinder yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 296 Horsepower dengan torsi maksimum 150 Nm. Sehingga ia mampu melaju hingga top speed 335 km/jam. Itupun masih disempurnakan dengan tenaga tambahan yakni Kawasaki Supercharger.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *