Jenis-jenis Shockbreaker Pada Sepeda Motor yang Bisa Anda Pilih

Sepeda motor mempunyai banyak spare part atau komponen yang dapat untuk menunjang berbagai fungsi sehingga kendaraan tersebut dapat dikendarai dengan normal. Misalnya saja komponen yang ada sepeda motor tersebut adalah ban motor, velg, knalpot, speedometer, rem cakram, jok motor, dan banyak komponen lainnya yang saling mempengaruhi fungsi satu sama lainnya. Sehingga sepeda motor akan dapat digunakan dengan baik apabila semua fungsi tersebut sedang normal dan tidak mengalami kerusakan. Salah satu komponen pada sepeda motor yang penting adalah shockbreaker yang merupakan bagian motor yang terletak di bawah jok dan mempunyai fungsi yang sangat signifikan pada sepeda motor.

Komponen tersebut adalah alat mekanik yang bisa untuk mengurangi tekanan pada motor ketika mengalami hentakan. Sehingga dengan kata lain alat tersebut akan dapat berfungsi sebagai peredam atau mengurangi hentakan karena energi kinetik. Selain itu fungsi lainnya yang bisa didapatkan dari alat tersebut adalah dapat untuk menyerap hentakan ketika melewati medan jalan yang tidak rata sehingga pengendara akan dapat tetap nyaman. Pada umumnya jenis alat ini akan sangat dibutuhkan untuk dapat membuat kenyamanan pengendara sehingga akan baik-baik saja apabila melewati jalanan yang berbatu, banyak polisi tidur, dan juga apabila tanpa sengaja melewati lubang yang tidak kelihatan. Alat ini mempunyai beberapa jenis yang ada dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan yang cocok untuk sepeda motornya, seperti jenis berikut ini.

  • Jenis double tube

Jenis pertama adalah shockbreaker double tube yang tersusun dari tabung luar dan juga silinder dalam. Jenis ini mempunyai beberapa ciri yang dipunyai yaitu mempunyai damper case yang ada di bagian bawahnya. Untuk jenis ini sendiri banyak digunakan pada jenis sepeda motor sport yang mempunyai harga yang mahal di pasaran dan juga dapat memberikan manfaat terbaik apabila digunakan. Karena dapat untuk meningkatkan performa dengan adanya redaman dari tube yang bisa membuat pengendara akan tetap nyaman.

  • Jenis single tube

Untuk jenis selanjutnya ini merupakan alat yang mempunyai harga yang lebih terjangkau dan juga lebih praktis. Jenis ini mempunyai damper case yang ada di bagian atasnya tetapi berbeda dengan sebelumnya, jenis ini tidak mempunyai silinder. Jenis ini akan dapat untuk mengurangi guncangan atau getaran dengan maksimal dan digunakan untuk sepeda motor biasa.

  • Jenis tunggal dan reservoir

Dan jenis shockbreaker yang ketiga adalah jenis tunggal yang mempunyai tabung yang digunakan untuk jarak yang jauh. Jenis ini mempunyai performa tinggi yang tergantung dari rancangan motor yang menggunakan jenis ini. Sedangkan untuk jenis yang terakhir adalah peredam yang menggunakan reservoir. Jenis ini akan memberikan kinerja yang lebih stabil dan juga mempunyai kapasitas oli yang lebih banyak serta tidak mudah panas ketika digunakan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *