Jenis-jenis Dinamo Motor

Salah satu jenis komponen yang sangat penting dan harus ada dalam kendaraan bertenaga listrik adalah dinamo motor. Ada beberapa jenis dinamo atau motor penggerak yang ada pada kendaraan listrik.

Apabila berdasar pada sumber arus listrik, maka ada dua jenis motor penggerak, yaitu motor DC dan motor AC. Sedangkan jika dilihat berdasarkan kontruksinya, maka dinamo motor dibagi menjadi dua, yaitu motor tanpa permanen magnet dan motor dengan permanen magnet. Untuk lebih rincinyanya, berikut ini penjelasan lengkapnya:

Motor AC Induksi

Motor Ac induksi ini merupakan jenis motor yang memakai tegangan listrik AC sebagai sumber energinya. Pada motor AC induksi ini tidak memakai magnet permanen, akan tetapi menggunakan induksi besi khusus untuk menyalurkan induksi gerakan. Jika dilihat dari sisi teknologi, motor AC adalah yang memiliki kualitas paling bagus. Saat ini mobil listrik yang sudah populer kebanyakan menggunakan motor AC induksi. Contoh mobil yang memakai AC induksi ialah TUXUCI, SELO gendis, dll.

Motor PMAC

Motor PMAC atau permanen magnet AC perbedaannya tidak terlalu jauh dengan AC induksi, akan tetapi pada Motor PMAC ini menggunakan susunan magnet permanen. Motor ini juga kerap disebut dengan syncrnous AC karena gerakan rotornya terjadi karena adanya sinkronisasi antara listrik AC dengan phase. Keunggulan PMAC ini adalah menyempurnakan AC induksi pada bagian torsinya.

Motor PMDC

Motor permanen magnet DC ini memakai magnet permanen yang bisa digolongkan ke dalam dua jenis, yaitu motor DC yang memakai brush atau sikat serta motor DC yang tidak menggunakan brush atau sikat.

Baca Juga: KIAT MEMILIH DINAMO MOTOR PALING TEPAT

Motor Brushed DC

Konsep motor ini sangatlah sederhana dengan adanya kumparan sebagai rotor dan magnet permanen sebagai stator. Kontroller motor ini terbilang paling sederhana karena motor ini bisa dikontrol sesuai dengan variasi tegangan. Keunggulan dari motor brushed DC ini adalah desainnya yang sederhana dan harganya yang murah. Contoh motor DC brished ini adalah dynamo mobil mainan.

Motor Brushless DC

Motor jenis ini biasanya dipakai untuk kendaraan listrik yang memiliki kecepatan menengah. Motor ini tidak menggunakan brush atau sikat. Untuk bagian rotornya menggunakan magnet permanen dan agar bisa berputar, motor ini wajib menggunakan kontroller. Keunggulan dari motor ini adalah torsi serta efisiensinya. Contoh penggunaan motor BLDC ini biasanya pada sepeda listrik dan sepeda motor listrik.

Motor Series Wound DC/AC

Motor series wound merupakan jenis motor yang tidak memakai magnet permanen. Motor ini memakai sikat atau brush. Motor ini mempunyai torsi serta top speed yang bagus. Motor ini juga mudah dikontrol dan kecepatannya juga bisa diatur. Keunggulan motor series wound ini adalah power weight ratio yang tinggi serta adanya power yang kuat.

Itulah beberapa jenis dinamo motor yang banyak digunakan dalam aktifitas sehari-hari, dari yang digunakan untuk mobil mainan hingga untuk sepeda listrik dan sepeda motor listrik.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *