Jangan Sampai Salah Masuk Geng Motor, Inilah Ciri Komunitas Motor yang Positif!

Berita kriminal beberapa waktu belakangan ini kerapkali dihiasi oleh adanya perlakuan buruk dari geng motor. Kecelakaan, perampokan, pencurian, pemukulan dan tindakan kejahatan lainnya yang membabi buta. Hal inilah yang menjadikan geng motor terdengar sangar dan banyak masyarakat yang kemudian takut bepergian ketika malam hari karena khawatir akan di cegat oleh geng motor. Pada dasarnya geng motor sendiri merupakan komunitas motor seperti komunitas lainnya. Namun geng ini cenderung berperilaku secara negatif dan meresahkan masyarakat.

Itulah mengapa sangat disarankan untuk berhati-hati jika memilih komunitas yang ingin Anda masuki. Hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap kegiatan dan aktivitas yang dilakukan di dalamnya. Komunitas motor juga bukan melulu berisikan geng motor karena masih banyak juga komunitas lainnya yang memiliki sisi positif dan sehat sehingga aktivitas di dalamnya pun bermanfaat. Jika Anda berencana untuk bergabung menjadi anggota komunitas para pecinta motor tertentu, maka ada baiknya mengenali ciri komunitas yang sehat berikut ini:

  • Memiliki visi dan misi yang jelas

Setiap komunitas terbentuk dari visi dan misi, begitu juga komunitas pecinta motor ini. Visi dan misi ini haruslah jelas karena visi dan misi yang akan membawa kemana jalan komunitas tersebut mencapai tujuannya. Jangan sampai Anda bergabung dengan sekelompok komunitas yang aktivitasnya hanya nongkrong, ngopi dan merokok saja karena tidak ada manfaatnya sama sekali.

  • Memiliki struktur yang baik

Selanjutnya adalah komunitas tersebut wajib memiliki struktur yang jelas dalam organisasi dan kepengurusannya. Anda pun wajib tahu siapa saja ketua, bendahara hingga sekretarisnya karena mereka yang akan banyak bertanggung jawab pada aktivitas dalam komunitas. Berbeda dengan geng motor yang cenderung hanya memiliki ketua tanpa adanya struktur lainnya.

  • Track record

Sebelum memutuskan bergabung ke satu komunitas tertentu, ada baiknya Anda menengok kembali track record yang ada pada komunitas tersebut. Anda bisa mudah mencarinya dari internet atau bertanya langsung pada anggota. Kini kebanyakan komunitas juga sudah membuat akun sosial media khusus sendiri sehingga Anda bisa memantaunya dari situ.

Itulah beberapa tips yang harus Anda cermati sebelum memutuskan bergabung ke dalam satu komunitas yang Anda minati. Bila perlu, sebelum mendaftarkan diri ada baiknya bertanya terkait kegiatan yang kerapkali dilakukan, event apa saja yang sudah pernah dilangsungkan dan lain sebagainya sehingga semakin memantapkan diri. Dengan ikut bergabung dalam komunitas motor, maka Anda tak hanya mendapatkan kawan dan saudara baru saja, namun juga bisa mendapatkan informasi yang lengkap terkait banyak hal yang bukan hanya seputar motor saja. Anda juga akan lebih berpengalaman dengan adanya event serta kegiatan dari komunitas.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *