Jangan Asal Membeli Motor Bekas, Ini Dia Panduan Sebelum Membelinya yang Mesti Diperhatikan!

Bagi yang membutuhkan motor tetapi budget belum memadai dan tidak ingin membeli motor baru secara kredit, keberadaan motor bekas atau motor second memang bisa jadi alternatif jalan keluar untuk memperoleh motor yang diinginkan. Namun tentunya membeli motor second tidak semudah membalikkan telapak tangan, ada beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan. Sebab biasanya para pedagang akan memoles motor second sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik dan berdaya jual tinggi. Agar tidak merasa tertipu, ini dia panduan memilih motor second:

  • Ketahui harga pasarannya.

Jika Anda sudah menentukan jenis motor seperti apa yang Anda inginkan, maka sekarang saatnya Anda mengetahui harga pasaran dari motor tersebut. Ini adalah langkah penting untuk mengetahui harga yang wajar dari motor second impian Anda. Jangan sampai penjual mematok harga terlalu tinggi dan Anda tidak menawarnya atau terburu-buru langsung setuju. Tentu sangat merugikan. Jadi sebelum membeli, cari tahu dulu harga bekas motor second tersebut dari media massa atau internet.

  • Berhati-hati dalam memilih dealer atau penjual.

Setelah mengetahui berapa harga pasaran dari motor second yang Anda inginkan dan mempersiapkan budget yang sudah sesuai, sekarang saatnya Anda berburu dealer atau penjual motor bekas. Jangan asal membeli dari orang lain, ada baiknya jika Anda memilih membeli melalui dealer yang sudah bonafid alias sudah terpercaya dan baik reputasinya. Karena biasanya dealer seperti ini memiliki prosedur yang ketat ketika akan membeli motor dari tangan pertamanya. Jika Anda kurang yakin dengan kondisi mesin dan keseluruhan motor, Anda bisa meminta bantuan kepada teman atau saudara yang memiliki pengetahuan mengenai motor sehingga dapat memeriksanya langsung, apakah motor tersebut masih cukup baik atau tidak.

  • Periksa kelengkapannya.

Separah-parahnya atau sebaik-baiknya kondisi motor second, tetaplah memerlukan BPKB dan STNK sebagai kelengkapannya. Bahkan terkadang ada faktur pembeliannya juga. Ini rules yang tak kalah penting saat membeli motor second. Anda tentu tidak mau berurusan dengan polisi karena kurangnya salah satu dokumen wajib motor yang Anda beli bukan? Pastikan juga bahwa nomor polisi pada kendaraan sudah benar dengan mengeceknya langsung melalui SMS ke nomor Samsat daerah masing-masing.

  • Test drive.

Bodi dan tampilan motor bekas yang Anda lirik bisa jadi sudah oke, minim goresan dan bahkan tidak ada yang retak, namun soal performa siapa yang tahu? Anda tidak akan bisa merasakan nyaman atau tidaknya motor tersebut, bagaimana performa mesinnya jika Anda tidak mencobanya terlebih dahulu. Jadi pastikan minta pada penjual atau dealer agar Anda boleh mencobanya. Rasakan bagaimana tarikan gasnya, perpindahan transmisi dan stabilitas motornya. Dengan demikian Anda bisa tahu motor second tersebut masih layak atau tidak.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *