Home Tips dan Trik Inilah Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Membeli Motor Bekas Berkualitas

Inilah Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Membeli Motor Bekas Berkualitas

by Rhonda Olson
Inilah Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Membeli Motor Bekas Berkualitas

Motor bekas atau second merupakan alternatif untuk memiliki kendaraan bermotor impian. Meskipun second, tak jarang ditemui motor yang masih terlihat baru dengan performa prima di pasaran. Namun, di samping itu tak sedikit pula penjual motor second yang menawarkan motor dengan bodi bagus tapi ternyata mesinnya sudah rusak parah dan tak layak pakai. Bagi orang awam tentu akan kesulitan membedakan keduanya. Oleh karena itu, berikut disajikan hal-hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli motor second agar tak salah pilih.

Inilah Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Membeli Motor Bekas Berkualitas

Pilih Tipe Motor yang Akan Dibeli

Sebelum membeli, tentukan terlebih dahulu jenis motor apa yang akan dibeli. Hal ini bertujuan untuk mempermudah Anda mencari penjual yang sesuai. Bisa motor bebek, matic, maupun sport.

Ketahui Harga Pasaran Motor

Meski sepele, analisis atau pengecekan harga pasaran dari motor yang akan dibeli sangat perlu dilakukan. Sebab, untuk motor bekas perbedaan harga tidak hanya untuk tipe motor tetapi juga berkaitan dengan kondisi motornya juga. Selain itu, tips ini juga bertujuan agar Anda tidak mudah ditipu dengan harga yang dipatok penjual.

Memilih Penjual yang Benar

Memilih penjual motor yang benar dilakukan untuk menghindari penjual yang nakal. Anda bisa mencari tahu beberapa penjual motor terkenal yang telah terbukti tidak mengecewakan pelanggannya. Selain itu, bisa pula dengan bertanya pada kawan yang memiliki kenalan penjual motor dan sebagainya.

Periksa Secara Teliti Kelengkapan Surat Kendaraan

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa motor bekas tersebut bukan motor curian. Dengan memeriksa kelengkapan surat seperti STNK dan BPKB Anda akan mengetahui identitas pemilik awal motor untuk mencegah sesuatu yang tak diharapkan.

Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin

Baca Juga:  Rekomendasi Knalpot Motor Racing Terbaik di Indonesia

Hal ini tak hanya perlu dilakukan tapi juga patut diwaspadai. Sebab, jika antara nomor rangka atau nomor mesin tidak cocok dengan suratnya akan berakibat fatal. Salah satunya mengindikasikan bahwa motor tersebut hasil curian.

Cek Keadaan Bodi Motor

Cara ini cukup mudah dilakukan karena visualnya masih tampak jelas. Pastikan tak ada goresan, penyokan, atau retak pada bodinya. Bila perlu tanyakan pula apakah semua suku cadang masih asli. Jika ternyata ada yang diganti, pastikan kualitasnya bagus. Intinya, cocokkan antara jawaban penjual dengan kondisi real motor, atau agar lebih mudah dan aman Anda bisa mengajak seseorang yang paham seluk beluk dunia jual beli motor bekas.

Lakukan Pengecekan pada Oli

Anda juga perlu meminta tolong penjual untuk membuka penutup oli guna memeriksa kondisi olinya apakah berlebihan atau tidak. Sebab, kapasitas oli yang masih full bisa meredam suara mesin sehingga terdengar lebih lembut. lihat pengukur batas maksimal oli dengan melihat pada penutup oli itu sendiri.

Hidupkan Mesin

Saat dihidupkan pastikan suara mesin halus dan lembut serta teliti apakah terdengar bunyi kasar. usahakan menyalakan mesin tanpa gas dan jangan terburu-buru mengegas kencang ketika sudah menyala. Lalu biarkan mesin berjalan tanpa di gas dan Pastikan apakah motor bisa langsam (tetap menyala tanpa di gas pada putaran mesin rendah). Perlu diingat bahwa mesin yang bermasalah tak akan langsam pada putaran mesin di bawah 1500 rpm.

Cek Fungsi Speedometer/Panel Indikator

Pastikan bahwa speedometer berjalan normal. Motor yang masih sehat tentu memiliki speedometer, indikator lampu dan bahan bakar atau bensin, serta penghitung jarak yang masih berfungsi dengan baik. Khusus pada motor gede atau motor sport, panel juga harus dilengkapi tachometer.

Cek dan Rasakan Perpindahan Giginya

Baca Juga:  Spesifikasi dan Harga Motor Kawasaki Z900RS Cafe Terbaru 2018

Cobalah mengendarai motor tersebut. Secara perlahan, rasakan perpindahan gigi dari gigi 1 ke gigi 2 dan pastikan perpindahan gigi yang dirasakan halus. Perpindahan gigi yang terasa kasar menandakan bahwa kampas kopling harus segera diganti. Selain itu pastikan tak ada suara mendesir pada rantai atau mesin saat berjalan untuk memastikan tak ada kerusakan pada gear motor.

Pastikan Sistem Kelistrikan Normal

Anda bisa memastikan kondisi kelistrikannya berjalan normal dengan menyalakan lampu depan, lampu sein, lampu belakang, lampu rem, lampu panel, dan klakson. Selain itu, periksa pula kinerja starter elektrik. Jika terdapat satu komponen listrik yang tidak berfungsi dengan sempurna berarti terdapat masalah pada aki atau bisa juga pada skeringnya.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More