Ini Dia Tips dan Cara Merawat Mesin Motor Untuk Pemula

Sungguh, merawat mesin motor sangatlah penting bagi mereka yang mempunyai kendaraan sepeda motor. Apalagi bagi mereka yang baru memiliki sepeda motor. Untuk itu Anda harus sigap dan disiplin dalam menjaga  motor Anda tetap performa. Jangan sampai Anda, lupa mengurusnya apalagi malas mengurus sepeda motor Anda.

Dalam postingan kami kali ini kami akan memberikan informasi cara merawat mesin motor untuk pemula. Simak ulasannya di bawah ini sebagai berikut:

  • Merawat Busi

Jika motor anda injeksi, cara merawat motornya salah satunya dengan memperhatikan kondisi busi. Busi sangatlah penting fungsinya. Karena fungsi busi pada sebuah sepeda motor adalah sebagai pematik api, yang tugasnya adalah sebagai proses pembakaran pada mesin. Apabila busi motor anda terjadi kerusakan. Akibatnya bisa mengurangi performa motor anda di jalan. Jadi periksalah busi secara berkala dan disiplin. Jika busi pada motor anda pada skala rusak, lebih baik anda segera pergi ke bengkel terdekar dan menggantinya dengan yang baru. Karena pembakaran mesin yang sempurna, tergantung dengan busi yang juga bagus. Untuk itu maksimalkanlah perawatan busi Anda dengan cek busi anda secara berkala.

  • Lakukan Servis Secara Dispilin dan Berkala

Tahukah Anda, motor itu juga punya masa waktunya. Apabila motor anda terjadi kerusakan, itu bukan salah motornya melainkan salah perawatannya. Setiap motor bisa bertahan sampai bertahun-tahun, tentu dengan perawatan mesin motor yang maskimal. Untuk itu, Anda harus rajin-rajin merawat segala sparepart di motor Anda. Biasanya service motor yang baik jika motor Anda sudah melebih 2.500km perjalanan. Tapi anda juga bisa melakukan service setiap 2 atau 3 bulan sekali. Harga service motorpun terjangkau. Tidak terlalu menguras kantong. Karena dengan anda displin dalam menservice motor anda. Kemungkinan motor anda menjadi rusak dan kurang maksimal akan berkurang. Untuk itu, rajin-rajinlah merawat motor kesayangan anda dengan servis berkala. Sebelum terjadi kerusakan lebih fatal dan tentu akan menguras kantong lebih mahal.

  • Mengganti Oli/pelumas

Nah, ini yang sering dilupakan para penggendara sepeda motor pemula. Kadang mereka sering lupa untuk mengganti oli pada motor mereka. Salah satu motor anda tetap prima dan tetap kayak baru adalah dengan mengganti oli pelumas setiap 2 bulan sekali, sesuai anjuran para ahli. Jika motor anda tidak sering ganti oli sesuai petunjuk. Maka kerusakannya akan semakin besar. Karena motor yang kekurangan pelumas akan menggangu kinerja seluruh mesin. Apalagi jika anda sering berjalan jauh menggunakan sepeda motor Anda, sampai jarak 800km, itu wajib untuk segera diganti oli yang lebih baru. Untuk melumasi mesin-mesin pada motor anda, setelah perjalanan jauh. Biar kembali pada performa awalnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *