Ini Dia Perlengkapan Motor Balap Yang Tidak Boleh Sampai Lupa Digunakan

Olahraga balap motor merupakan jenis olahraga yang beresiko, mulai dari terjatuh, tergelincir atau bahkan tabrakan. Oleh sebab itu jika melakukan olahraga ini harus menggunakan perlengkapan keamanan yang lengkap. Apa saja perlengkapan motor balap? Untuk mengetahuinya, simak ulasannya berikut ini.

Pakaian Balap

Pakaian balap terdiri dari satu potong lengkap. Bahan pakaian terbuat dari bahan kulit yang tahan terhadap gesekan. Satu poin penting yang harus diperhatikan adalah pakaian yang digunakan harus mampu melindungi dada, punggung, lutut dan siku. Selain itu bahannya harus ringan dan fleksibel sehingga lebih nyaman saat digunakan.

Kombinasi bahan seperti: titanium, karbon dan Kevlar menjadi pilihan utama yang memberi perlindungan untuk punggung dan dada. Ukuran yang tepat untuk balapan berbeda dengan jenis olahraga yaitu harus ketat di badan, tahan air dan api.

Helm

Helm merupakan perlengkapan motor yang penting. Pastikan helm yang digunakan berkualitas, lapisan luarnya terbuat dari serat kaca, polyurethane, karbon dan Kevlar yang membuat helm keras dan menyerap energi apabila terjadi benturan. Lapisan dalam helm terdapat bantalan yang ukurannya sesuai dengan ukuran kepala, fungsinya untuk melindungi kepala dari benturan. Selain itu, helm harus memiliki ventilasi yang baik agar pengendara bisa melihat, mendengar dan bernafas dengan baik. Apabila balapan dilakukan saat musim hujan, gunakan helm yang sudah dimodifikasi mencegah kabut.

Baca Juga: Model dan Type Perlengkapan Motor Yang Paling Banyak Dicari Konsumen 2017

Sarung Tangan

Sarung tangan yang digunakan untuk balapan motor harus cukup tipis agar bisa merasakan tuas rem, stang dan kopling. Bagian tangan yang paling sering mengalami abrasi atau kemungkinan patah tulang adalah ibu jari, telapak dan pergelangan tangan. Jadi bagian tersebut harus diperkuat. Bagian buku jari pada sarung tangan biasanya diberi perlindung tambahan terbuat dari titanium atau karbon. Sedangkan bahan utamnay terbuat dari bahan kulit.

Sepatu Boots

Sepatu boots cocok digunakan untuk balapan karena membantu mengurangi resiko cidera pada kaki jika terjadi kecelakaan. Desain boots harus kuat dan tahan benturan, gesekan dan tahan api namun tetap fleksibel saat digunakan. Bobotnya juga harus ringan agar tidak membebani pembalap. Usahakan tingginya melebihi mata kaki atau setengah betis agar bagian pergelangan kaki terlindungi. Bagian sol yang tepat adalah yang terbuat dari karet agar saat girp bisa menapak dan membantu kaki tetap di pijakan.

Perlindung Lutut

Saat berbelok ditikungan tidak jalang bagian lutut menyentuh aspal jalan. Oleh karena itu perlengkapan yang tidak boleh lupa adalah bagian perlindung lutut. Biasanya bahannya terbuat dari termoplastik untuk meningkatkan kemungkinan pembalap hanya mengalami cidera ringan jika terjadi kecelakaan.

Selain perlindung lutut masih ada perlengkapan motor balap lainnya yang tidak kalah penting yaitu, pelindung siku, pundak dan pinggang. Namun biasanya perlindung tersebut sudah menjadi satu dengan pakaian, tapi ada juga yang dijual terpisah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *