Ingin Motor Injeksi Selalu Prima? Inilah Cara Merawat Motor yang Benar!

Kebutuhan akan kendaraan saat ini sudah menjadi kebutuhan yang pokok untuk semua orang. Jika belum memiliki dana cukup untuk membeli mobil, maka motor pun sudah bisa jadi alternatif kendaraan yang nyaman untuk digunakan dalam melewati kemacetan di perkotaan. Jika Anda memiliki motor, maka pastikan untuk merawat motor tersebut secara rutin dengan membawanya servis ke bengkel. Namun untuk Anda pemilik motor injeksi, maka cara perawatannya pun berbeda mengingat teknologi di dalam motor injeksi yang juga berbeda.

Kini motor injeksi banyak dipilih karena bisa memberikan performa kendaraan mantap namun tetap hemat dari segi bahan bakar. Jika ingin performa motor injeksi ini tetap maksimal, maka perawatannya pun juga memakai cara tertentu. Untuk Anda pemilik motor injeksi, maka berikut ini beberapa tips untuk merawatnya:

  • Pilih bahan bakar oktan tinggi

Memakai bahan bakar dengan oktan 90 ke atas menjadi cara perawatan pertama yang sangat mudah dilakukan. Hal ini lantaran bahan bakar dengan oktan yang tinggi akan mampu menyempurnakan dari segi pembakarannya di dalam mesin motor. Untuk motor yang berteknologi injeksi penggunaan bahan bakar oktan tinggi ini memang sangat dianjurkan

  • Perhatikan AKI

Cara merawat motor selanjutnya adalah dengan memperhatikan kondisi AKI-nya karena motor injeksi cenderung sangat bergantung dengan komponen motor yang satu ini. Sering-seringlah untuk memeriksa kondisi AKI sehingga kondisi AKI tetap stabil dan prima. Ketika AKI sudah mulai kurang airnya, maka tambahkan dengan AKI motor yang bisa ditemukan secara mudah di pasaran.

  • Ganti oli teratur

Tak hanya motor injeksi saja, namun semua jenis motor juga demikian dimana harus rutin untuk diganti olinya. Untuk memudahkannya, Anda baiknya memberikan penanggalan khusus untuk perawatan motor karena oli harus diganti setidaknya 2 bulan sekali atau ketika motor sudah menempuh jarak sampai 1.000 km. Selain oli mesin, oli gear juga butuh penggantian yang bisa dilakukan setiap motor telah menempuh jarak 5.000 km.

  • Memeriksa ECU

ECU adalah otak pengoperasian sistem injeksi yang ada di motor Anda. Keseluruhan komponen mulai dari takaran bahan bakar, buka tutup klep injektor dan lainnya diatur sepenuhnya oleh ECU. Mengingat betapa pentingnya peran ECU ini, maka jika sistem di sini terganggu maka motor juga akan mogok dengan mudahnya.

Itulah beberapa tips sederhana dalam merawat motor injeksi yang Anda miliki. Perawatan secara umum pada dasarnya mudah, namun jika memang Anda kurang paham akan mesin, maka ada baiknya membawa ke bengkel untuk di servis rutin secara berkala. Patuhi tanggal untuk servis dan siapkan dana khusus sehingga Anda tidak perlu menunda perawatannya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *