Ingin Jago Modifikasi Motor ? Ini Skillnya

Pernah liat motor sampai membuat anda tercengang – cengang ? Anda pasti pernah mengalaminya. Dan terkadang memang sangat jauh dari tampilan asli pabrikannya. Ko bisa ? Itulah karya para modifikator motor. Modifikasi motor di tanah air memang berkembang sangat pesat. Karya mereka bertebaran diseluruh penjuru tanah air. Menjadi seorang modifikator motor memang tidak mudah. Banyak skill yang harus dikuasai. Tidak hanya mengetahui skills  mesin saja tentunya. Ada skills lainnya yang harus anda kuasai.  Jadi, Ingin jago modifikasi motor? Ini skillnya :

Design and technical Drawing skills

Skills ini berkaitan dengan kemampuan anda untuk memvisualkan ide yang anda miliki pada motor yang anda akan modifikasi. Bila ini merupakan permintaan client, anda harus memvisualisasikan sesuai dengan keinginannya. Bisa berupa sketsa awal sampai gambar jadi. Untuk hal ini ada baiknya anda belajar progam – program khusus untuk mendesain,seperti CAD, Sketchup, dll.

Project management skills

Ini berkaitan dengan cara anda mengatur projek modifikasi motor  anda. Sesuai pengertiannya disini anda diharuskan disiplin untuk memulai, merencanakan, melaksanakan, mengontrol dan menyelesaikan kerja anda atau tim anda sesuai dengan yang diharapkan.

Research Skills

Ketika anda dihadapkan dengan suatu projek. Kemampuan anda untuk mencari data / informasi yang berkaitan dengan projek sangat dibutuhkan. Banyak mencari referensi sangatlah baik, sehingga anda tidak salah mengambil keputusan untuk modifikasi motor yang paling pas.

Mechanical skills

Modifikasi motor tentu saja memerlukan alat – alat pekakas baik yang sederhana sampai yang memerlukan keterampilan khusus untuk memakainya. Disinilah kemampuan anda mempergunakan alat – alat yang tepat untuk melakukan sesuatu diperlukan.

Electrical skills

Dalam sebuah sepeda motor tentu saja ada bagian sistem kelistrikan. Jangankan untuk motor – motor kelas premium, motor  yang murah sekalipun penggunaan sistem kelistrikan tidak bisa dihindari. Disitulah penguasaan kelistrikan dibutuhkan.

Metallurgy understanding

Maksudnya adalah pemahaman anda akan karakter  dari jenis – jenis logam dan propertinya. Ini menjadi penting karena untuk komponen tertentu kadang dipelukan untuk menggantinya dengan jenis logam yang lain yang lebih baik.

 

Benchwork  skills

Ini bekaitan dengan kemampuan anda membentuk suatu material atau bahan menjadi komponen yang dibutuhkan dengan menggunakan alat – alat kasar.

Welding skills

Hal ini sudah jelas bahwa dalam memodifikasi motor kemampuan anda untuk mengelas sangat diperlukan. Salah satu kemampuan dasar yang memang harus dimiliki.

Painting and polishing skills

Memberikan  tampilan yang menarik pada motor dengan cara mengecat atau menggambarnya tentu saja sangat diperlukan.

Machine skills

Ini adalah kemampuan anda dalam menguasai mesin motor. Ini mutlak harus dimiliki pastinya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *