Harga Motor Klasik dan Tips Membelinya

Bagi para pecinta motor klasik atau model kuno, pastinya mereka tidak akan heran dan sayang untuk merogoh dan mengeluarkan kocek terlalu dalam, karena memang harga motor berjenis klasik tidaklah murah untuk didapatkan. Selain memiliki model yang unik, biasanya motor klasik juga memiliki mesin yang handal, karena merupakan produksi buatan tahun lampau, yang memang memiliki berbagai sparepart dengan bahan pembuatan berkualitas tinggi. Pada umumnya motor klasik ini banyak dicari oleh mereka yang memiliki hobi mengoleksi tidak hanya motor klasik, namun berbagai benda-benda klasik yang memiliki nilai seni tinggi.

Tidak hanya dibeli dalam bentuk utuh saja, biasanya para pemilik motor klasik juga akan menambahkan modifikasi pada motor kuno mereka. Mulai dari cat body hingga aksesoris unik dari detail terkecil pun, tak luput dari sentuhan modifikasi para pemiliknya. Namun bagi Anda yang tergolong sebagai seorang pemula, dan ingin memiliki motor klasik sebagai salah satu tunggangan ataupun koleksi kendaraan pribadi Anda, perhatikan beberapa detail dari bagian motor sebelum Anda memutuskan untuk membeli motor klasik tersebut, agar nantinya motor tetap dapat Anda gunakan dengan nyaman.

Perhatian dari setiap detail motor yang ada, merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan karena harga motor klasik ini tergolong tidak murah, sehingga Anda harus tetap waspada agar nantinya tidak mengalami kerugian yang terlalu dalam. Berikut ini beberapa pedoman yang dapat Anda gunakan dalam pemilihan motor klasik, yang antara lain:

  • Perhatikan bagian mesin dari motor, apabila terdapat bercak atau bekas rembesan oli, maka Anda perlu mengecek lebih dalam kesehatan mesin motor tersebut.
  • Hidupkan mesin motor, dan perhatikan suara yang timbul pada motor tersebut, pastikan motor hanya mengeluarkan suara mesin normal, yang merupakan indikasi bahwa motor dalam keadaan yang sehat. Jika terdapat indikasi suara berisik, maka terjadi sebuah kerusakan pada bagian tertentu.
  • Tanyakan dengan jelas kepada penjual, mengenai keaslian dari spare part motor klasik yang akan Anda beli.
  • Cek bagian bodi, kalbulator ataupun tangki air, pastikan bahwa bagian tersebut tidak terdapat rembesan bensin yang menandakan adanya kebocoran tertentu.

Meskipun tergolong dalam motor kuno dengan usia pemakaian yang cukup lama, namun apabila Anda memilih dan membelinya pada orang yang tepat, dimana perawatan rutin serta kebersihan dari motor tersebut selalu dijaga, maka Anda akan dapat memperoleh motor klasik dengan mesin yang sehat dan kondisi body yang bersih, sehingga nyaman untuk digunakan.

Untuk segi harga sendiri, jika Anda masih mempunyai budget yang pas-pasan, maka sebaiknya Anda mengurungkan niat Anda dulu untuk membeli motor klasik, karena harga motor klasik ini mencapai lebih dari dua puluhan juta hingga ratusan juta bergantung tahun pembuatan, model serta kondisi motor, namun jika beruntung Anda bisa mendapatkan motor dengan harga murah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *