Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Motor Antik

Beberapa orang memiliki ketertarikan yang mendalam untuk memiliki motor antik sehingga mencarinya dengan berbagai usaha sampai dapat. Ketika motor tua memiliki sentuhan artistik dan menjadi barang klasik atau antik maka dijamin peminatnya sangat banyak. Maka jangan heran jika harganya mahal bahkan melebihi harga satu unit motor keluaran terbaru, sehingga yang berminat perlu menabung sebanyak mungkin. Memilihnya pun perlu teliti sebab kalau sampai keliru maka dijamin akan kecewa dan menyesal sebab sudah membayar lebih mahal dari seharusnya.

Perhatian Saat Membeli Motor Klasik

Motor klasik tentu masuk ke dalam kategori motor tua namun memiliki sentuhan artistik sehingga saat dibeli tentu perlu sangat teliti. Beberapa detail berikut tentu menjadi bahan yang wajib diperhatikan:

  • Melirik kondisi fisik,

Motor yang sudah menjadi antik tentu perlu dicek kondisi fisiknya sebab sama artinya Anda membeli motor bekas. Ketika memilih motor tua seperti ini usahakan menghindari yang berkarat terlalu banyak maupun yang sudah dipoles dengan cat. Pilih yang masih asli namun karatnya sedikit sehingga selama dimiliki oleh pemilik awalnya memang diberi perawatan yang maksimal.

  • Komponen atau sparepart,

Membeli motor antik juga perlu memperhatikan soal komponen dan sparepart yang ada di dalamnya apakah masih original atau tidak. Ketika memperoleh motor tua dengan komponen yang masih asli maka dijamin harganya tinggi sekaligus memberi kepuasan tersendiri. Tentunya di zaman seperti sekarang untuk mendapatkan motor klasik yang komponennya masih asli sangat sulit. Sebab dijamin pemilik sebelumnya sudah memberi perawatan dan ketika susah mendapatkan komponen asli mencari komponen lain yang sesuai, asalkan terawat baik tentu layak dimiliki.

  • Masih berfungsi atau tidak,

Jangan heran jika menjumpai motor klasik namun masih memungkinkan untuk dikendarai dan melewati jarak yang lumayan jauh. Kembali lagi kepada persoalan perawatan yang diberikan oleh pemilik sebelumnya apakah memang sudah tepat atau tidak. Kalau perawatan yang diberikan memang maksimal dan rutin datang ke bengkel maka setua apapun umurnya dijamin akan tetap berfungsi dengan baik. Harga untuk motor klasik yang masih bisa dikendarai dan yang hanya bisa dipajang saja tentu berbeda sehingga perlu diperhatikan.

  • Merek dan model motor tersebut,

Merek motor klasik tentu saja berbeda-beda sebab sejak zaman dulu produsen motor sudah ada beberapa, meskipun tidak sebanyak sekarang. Beberapa merek masih tetap beroperasi sampai dengan sekarang dan beberapa yang lainnya memang sudah gulung tikar. Baiknya memilih merek yang paling terkenal dan berkualitas, maka perlu belajar soal sejarah untuk mendapatkan motor klasik yang memang mutunya bagus. Anda tentu jauh lebih puas apabila memilih motor antik dari merek ternama, dibanding merek yang tidak terkenal sama sekali.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *