Hal – hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Akan Modifikasi Motor

Pada umumnya motor dianggap sebagai alat transportasi saja. Tapi bagi sebagian orang, motor tidak cuma itu. Motor adalah jati diri. Motor itu juga tentang selera atau taste.  Untuk mendapatkan motor – motor asli bikinan produsen luar negeri  yang tidak masuk ke Indonesia, tentu saja tidak mudah. Selain susah mendapatkannya, juga menguras kocek yang sangat besar. Akhirnya bengkel modifikasi motor jadi pelariannya. Sah – sah saja memang. Tapi harus melalui pemikiran yang matang tentunya. Nah , berikut hal-hal yang perlu diperhatikan ketika akan modifikasi motor anda, yaitu:

  • Konsep

Ini hal yang paling penting untuk modifikasi motor.  Adanya banyak konsep /aliran modifikasi motor yang menjadi acuan. Klasik, café racer, chopper adalah beberapa diantara konsep modifikasi yang bisa jadi acuan. Sedikit tips untuk menentukan konsep yang modifikasi motor anda.

  • Kenali motor anda

Cara mudahnya, misal anda memiliki motor jenis bebek, maka carilah konsep yang memang diperuntukkan untuk motor bebek. Itu akan mempermudah sekaligus mengirit budget anda.

  • Cari informasi sebanyak –banyak mengenai konsep yang akan anda pilih
  • Pilihlah beberapa alternatif konsep.

Perhatikan juga beberapa hal ketika akan memodifikasi motor anda sesuai dengan aturan yang berlaku. Lihat selengkapnya di motoraja.com

  • Bengkel  Modifikasi Motor

Bengkel modifikasi motor yang tepat akan menentukan hasil yang optimal juga. Tidak semua bengkel modifikasi bisa membuat semua konsep. Bukan hal yang aneh jika di bengkel tertentu hanya diperuntukkan untuk konsep /aliran tertentu. Disinilah anda diharuskan mencari informasi sebanyak –banyaknya. Banyak sharing dengan komunitas yang konsepnya sama dengan yang anda inginkan menjadi hal yang bijak. Dan jangan lupa tentukan beberapa alternatif pilihan tempat yang akan anda pilih.

  • Budget

Nah, ini faktor yang juga sangat menentukan. Ketika anda sudah menentukan beberapa alternatif konsep, diskusikanlah dengan beberapa bengkel modifikasi motor yang menjadi altenatif   pilihan anda. Jangan lupa bawa motor nya juga. Karena itu akan mempermudah bengkel modifikasi untuk memperkirakan budget yang harus dikeluarkan. Akan bijak sekali bila anda mempunyai budget lebih dari yang diperkirakan oleh pihak bengkel. Setelah anda mendapatkan budget perkiraan dari beberapa bengkel yang anda temui, tentu anda bisa mengambil keputusan. Yang sesuai budget yang anda miliki sudah pasti. Tapi bila budget yang disodorkan oleh bengkel-bengkel tersebut relatif  sama. Ada baiknya  memilih bengkel yang reputasinya paling baik.

  • Mental

Mengapa ini menjadi hal yang harus diperhatikan ? Karena memang sangat diperlukan. Modifikasi motor itu bukan perkara mudah. Waktu yang diperlukan juga tidak sebentar. Perlu Kesabaran dan ketelatenan. Baik bagi bengkel nya maupun anda yang menggunakan jasa bengkel tersebut.  Biarkan bengkel leluasa bekerja, jangan diburu – buru bila ingin optimal. Tapi harus sering dikontrol juga.

Nah, selamat berkreasi!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *