Ganti Lampu Motor Enggak Usah Ke Bengkel

Ganti Lampu Motor Enggak Usah Ke Bengkel

Lampu motor anda tiba – tiba mati atau padam. Hal biasa yang pada umumnya dilakukan adalah pergi ke bengkel, ganti dengan yang baru. Tidak salah memang. Simpel dan mudah, enggak usah repot. Tapi kadang kondisinya tidak sempurna. Misal anda dalam perjalanan malam ke suatu daerah, yang jauh kemana – mana, dalam arti tidak memungkinkan ada bengkel. Jika anda tidak bisa menggantinya, anda dipastikan kerepotan sendiri.  Anda tidak ingin itu terjadi pada anda bukan? Nah, dibawah ini akan dipaparkan gambaran cara menggantinya. Mudah kok, jadi ganti lampu motor enggak usah ke bengkel.

Pada kasus ini, akan dijelaskan cara mengganti lampu motor mio lama. Tapi meski begitu, pada prinsip dasarnya berlaku untuk semua motor. Jadi meskipun motor anda bukan mio, ini tetap bisa dijadikan patokan langkah dasarnya. Nah, ini caranya :

Ganti Lampu Motor Enggak Usah Ke Bengkel

Siapkan Alat

Untuk mengganti lampu motor setidaknya ada dua alat yang harus disiapkan yaitu obeng kembang dan lap atau kain.  Obeng kembang berfungsi untuk membuka sekrup. Sedang lap atau kain berfungsi sebagai pelapis agar bodi tidak tergores.

Lepas sekrup batok lampu

Tahapan awal pengerjaannya dengan cara melepaskan sekrup – sekrup yang menahan atau mengunci batok lampu. Setiap motor beda – beda jumlahnya. Bahkan untuk varian motor mio pun beda – beda jumlahnya. Tugas anda cukup melihat ke sekeliling batok lampu. Lihat ada berapa sekrup yang terpasang yang mengunci batok lampu. Untuk mio lama setidaknya ada 4 sekrup yang harus dilepas. Dimana saja posisinya? 2 sekrup berada tepat diujung stang bagian depan dekat rem.  1 dikanan dan 1 dikiri. 2 lagi dibagian bawah samping batok lampu. Sebelah kanan dan kiri. Gunakan obeng kembang untuk membukanya.

Baca Juga : Awas Spare Parts Palsu !

Lepas batok lampu motor

Sebelum anda melepasnya, siapkan dulu lap atau kain. Jangan gunakan lap atau kain kasar. Tempatkan lap atau kain dibagian depan bawah batok lampu yang berhubungan dengan bodi

bagian depan motor. Ini gunanya sebagai  pelapis  batok maupun bodi tidak lecet saat melepas batok lampu. Lepaskan batok lampu pelan – pelan dengan cara tarik ke depan. Hati – hati dengan pengait dibagian atas batok lampu.

Ganti lampu motor

Setelah batok lepas, maka akan tampak tampilan bagian batok lampu,termasuk  fitting lampu. Lepaskan fitting lampu dengan menekannya dan  memutarnya kearah kiri.Cabut. Akan terlihat lampu motor, ambil dang anti yang baru (sebelumnya liat dulu apakah benar sudah rusak atau belum, Kalo belum berarti kelistrikan motor anda yang bermasalah). Kemudian pasangkan lagi fittingnya dengan cara tekan putar kearah kanan. Test, nyalakan lampu.

Pasangkan lagi batok lampunya

Nah, mudah bukan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *