Home Tips dan Trik Dulu Populer di Zamannya, 7 Motor Tua ini Sekarang Jadi Buruan Kolektor

Dulu Populer di Zamannya, 7 Motor Tua ini Sekarang Jadi Buruan Kolektor

by Rhonda Olson
Dulu Populer di Zamannya, 7 Motor Tua ini Sekarang Jadi Buruan Kolektor

Di hati para kolektor motor, motor tua memiliki nilai dan makna tersendiri. Di tahun 2000-an ini, salah satu motor yang paling diburu oleh kolektor adalah motor tahun 60-an yang notabene keberadaanya sudah terbilang langka. Untuk mengetahui motor-motor lawas apa saja yang paling banyak dicari, berikut ulasan lengkapnya.

Dulu Populer di Zamannya, 7 Motor Tua ini Sekarang Jadi Buruan Kolektor

Yamaha v75 1978.

Yamaha v75 1978 adalah salah satu motor yang sangat populer di zamannya, yakni sekitar tahun 70-an hingga tahun 80-an.  Alasannya adalah karena motor ini memiliki body yang tergolong kecil sehingga pada gigi tiga, kecepatannya mampu mencapai angka 60 km per-jam. Tak heran jika motor ini juga disebut sebagai Yamaha Minthi atau Yamaha kecil. Untuk harga, motor tua ini di banderol mulai Rp 5.000.000.

Vespa VBB.

Sudah bukan rahasia lagi jika Vespa selalu punya penggemar di setiap zamannya. Vespa VBB adalah salah satu motor Vespa yang paling melegenda di zamannya. Bahkan begitu populernya, motor ini sempat diproduksi lebih dari 270.000 unit pada masanya. VBB sendiri merupakan penyempurnaan dari versi pendahulunya, yakni VBA yang memiliki ukuran karburator Dellorto Sl20/17C dengan empat gigi.

NSU Supermax 250cc.

Motor tua selanjutnya yang terbilang langka adalah NSU Supermax 250cc. Motor pabrikan Jepang ini dibuat pada tahun 1956. Produsen motor ini, yakni NSU adalah perusahaan motor yang memiliki sejarah panjang sejak Perang Dunia II. Kelebihan lain yang dimiliki motor ini adalah ukuran tangki yang lebih besar serta memiliki dua shocks pada bagian depannya.

Honda Benly S110

Honda juga memiliki motor tua melegenda yang hingga kini masih terus dicari oleh kolektor, yakni Honda Benly S110. Motor jenis ini mulai diproduksi tahun 1953 di Jepang dan diperkenalkan sebagai motor dengan mesin OHV 89CC 4 tak. Di Indonesia sendiri, motor Benley yang paling terkenal adalah seri S110. Motor ini merupakan generasi penerus dari pendahulunya, 90Z dan CB100.

Yamaha RX 100.

Produk-produk yang dikeluarkan Yamaha selalu menjadi primadona pada masanya. Sebut saja RX 100 yang banyak digemari oleh masyarakat karena mampu menghasilkan tenaga sebesar 11,5 tenaga kuda, padahal memiliki kapasitas mesin yang terbilang kecil. Selain itu, motor buatan tahun 1985 ini mampu mencapai kecepatan hingga 60 km/jam hanya dalam waktu 7,5 detik. Pada eranya, kecepatan tersebut tergolong luar biasa.

Yamaha RX 125 Twin.

Baca Juga:  Ternyata Lambreta Bukan Motor Vespa?

Satu lagi produk sepeda motor dari Yamaha yang pernah menjadi primadona di zamannya, Yamaha RX 125 Twin. Motor tua ini merupakan motor pertama berjenis Yamaha RX yang masuk ke Indonesia  dan tak butuh waktu lama untuk menarik perhatian masyarakat karena mesinnya mampu menghasilkan tenaga sebesar 16 tenaga kuda pada 8500 Rpm. Tak heran jika motor ini menjadi salah satu motor terkencang di masanya. Hanya saja, motor ini sudah berhenti dikembangkan pada tahun 2009 silam.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More