Dorrr!!! Ini Penyebab Knalpot Motor Nembak

Pernah tidak ketika Anda naik motor tiba-tiba terdengar suara seperti letupan yang berasal dari knalpot motor? Ledakan dari motor atau disebut knalpot nembak terjadi saat gas turun yang dapat disebabkan oleh berbagai macam alasan. Pertama adalah knalpot atau paking knalpot mengalami kebocoran. Packing knalpot yang tidak mengunci sempurna atau kebocoran knalpot menyebabkan gas pembakaran tidak tersalurkan ke tempat pembuangan (knalpot) dengan tepat sehingga menyebabkan ledakan.

Kedua adalah masalah pada penyetelan angin karburator untuk motor dengan sistem karburator. Baut pada karburator yang berfungsi untuk menyetel asupan udara ke karburator dan di dalam yang tidak sempurna akan menimbulkan ledakan saat gas turun. Kesalahan atau ketidaksempurnaan dalam penyetelan karburator tersebut disebabkan oleh beberapa hal dan salah satunya adalah kurang memahami bagaimana cara untuk mengatur atau menyetel angin karburator. Kesalahan penyetelan angin karburator dapat juga mengakibatkan motor susah di starter, bbm boros dan timbul kerak berlebih sehingga performa motor kurang maksimal.

Ketiga adalah ukuran dari main jet kurang tepat. Main jet serta pilot jet sangat menentukan keberhasilan karbulasi dari karburator. Jika pilot jet untuk proses karburasi ketika motor di RPM rendah, maka main jet untuk karburasi saat RPM atas. Baik ukuran karburator yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat menyebabkan knalpot motor mengeluarkan suara seperti ledakan kecil. Solusinya, harus menggunakan main jet yang tepat serta dilakukan oleh orang yang ahli karena pemasangannya yang cukup repot dan akan mempengaruhi pada performa motor.

Baca Juga: Perhatikan 4 Cara Berikut untuk Merawat Vespa Matic Kesayangan Anda

Keempat adalah terjadi masalah pada busi. Ada 2 kemungkinan terkait dengan busi yang menyebabkan knalpot nembak yaitu kualitas busi yang menurun dan kondisi ruang pembakaran yang sudah kotor sehingga terjadi pembakaran yang tidak sempurna. Busi yang sudah cukup lama digunakan tidak mampu lagi untuk menghantarkan listrik lebih baik sehingga pembakaran tidak sempurna. Cara mengatasinya adalah selalu mengecek busi motor dan mengganti jika sudah terlalu lama digunakan dan gunakan besi standar. Bahan bakar yang digunakan juga sebaiknya yang memiliki RON minimal 90 untuk pembakaran lebih maksimal.

Kelima adalah terjadi masalah di jalur pengapian dan sistem. Pengapian yang tidak sempurna akan berpengaruh pada pembakaran yang tidak sempurna sehingga menimbulkan knalpot nembak. Jika sistem pengapian tidak bagus maka dapat membuat pasokan listrik tidak stabil dan resiko terjadi knalpot nembak lebih besar ketika gas motor sedang turun. Solusinya, Anda harus mengecek jalur pengapian (koil -> CDI -> aki -> magnet -> spull) serta sumber pengapian di motor Anda. Dengan informasi penyebab knalpot motor mengalami ledakan kecil saat gas turun tersebut, semoga dapat membantu Anda untuk merawat kendaraan bermotor Anda sehingga dapat mengurangi kerusakan yang lebih besar.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *