biaya balik nama motor

Cek Biaya Balik Nama Motor Terbaru Tahun 2020 Berikut Ini

Bagi anda yang hobi mengoleksi motor, atau sekedar ingin membeli motor bekas, maka anda harus mengetahui bagaimana cara dan biaya balik nama motor berikut ini. Sebab, jika anda tidak melakukan proses balik nama, hal ini akan menjadi masalah pada saat anda akan mengurus perpanjangan STNK atau penggantian plat nomor dikemudian hari.

Balik nama kendaraan bermotor merupakan pengalihan kepemilikan kendaraan bermotor dari pemilik pertama ke pemilik kedua. Maka selanjutnya nama yang tertera pada BPKB dan STNK bukanlah nama pemilik sebelumnya.

1. Cara mengurus dan mengetahui biaya balik nama motor

a. Datanglah ke kantor SAMSAT terdekat. Anda dapat mendatangi kantor SAMSAT terlebih dahulu. Jangan lupa untuk membawa berkas yang dibutuhkan, seperti KTP, STNK, BPKB, serta bukti atau nota pembelian.
Bagi anda yang berdomisili di Jakarta, anda dapat mengecek melalui situs http://bprd.jakarta.go.id.
b. Selanjutnya petugas SAMSAT akan melakukan tes fisik kendaraan. Setelah proses ini selesai, petugas akan memberikan hasil berupa Nomor Rangka dan Nomor Mesin Kendaraan. Berikan hasil tes tersebut beserta berkas yang sudah anda bawa ke petugas loket tes fisik kendaraan. Setelah selesai proses verifikasi, petugas akan menyerahkan kembali berkas dan hasil tes fisik. Jangan lupa untuk memfotokopi hasil tes fisik sebelum lanjut ke proses selanjutnya.

biaya balik nama motor
biaya balik nama motor

c. Kemudian anda dapat mendatangi loket pendaftaran balik nama. Serahkan semua berkas tadi kepada petugas di loket pendaftaran balik nama. Setelah berkas selesai diperiksa, anda akan mendaptkan tanda terima proses pengajuan STNK. Anda dapat datang pada hari yang telah ditentukan untuk mengambil STNK baru.
d. Pada hari yang telah ditentukan, anda dapat mendatangi loket balik nama dan memberikan tanda terima serta KTP asli, BPKP asli, nota pembelian, dan hasil tes fisik kendaraan. Kemudian anda akan diminta membayar biaya balik nama motor guna mendapatkan STNK yang baru.

2. Biaya balik nama motor

a. Biaya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sebesar Rp. 300.000,-
b. Biaya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB) sebesar Rp. 200.000,-
c. Biaya Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) sebesar Rp. 35.000,-
d. Biaya administrasi STNK sebesar Rp. 25.000,-
e. Biaya administrasi TNKB sebesar Rp. 60.000,-
f. Total keselurahan biaya balik nama motor yang harus anda bayarkan adalah Rp. 620.000,-

3. Mengurus BPKB baru

a. Setelah melakukan pembayaran dan mendapatkan STNK baru, langkah selanjutnya adalah mendatangi Polda untuk mengurus BPKB. Anda diharuskan untuk membawa fotokopi KTP, fotokopi STNK baru, fotokopi hasil tes fisik kendaraan, fotokopi nota pembelian, dan BPKB asli serta fotokopi.
b. Mengisi formulir Bea Balik Nama BPKB kemudian melakukan pembayaran sebanyak Rp. 80.000,-. Fotokopi bukti pembayaran kemudian tempelkan pada formulir pendaftaran. Serahkan semua berkas kepada petugas loket balik nama BPKB. Petugas loket akan memberikan tanda terima untuk mengambil BPKB baru.
c. Pada tanggal yang telah ditentukan, anda dapat mengambil BPKB baru dengan mendatangi Polda. Serahkan tanda terima, bukti pembayaran, dan fotokopi KTP kepada petugas loket. Dan anda akan menerima BPKB baru.

biaya balik nama motor
biaya balik nama motor

Bagi anda yang akan pindah domisili serta membawa kendaraan bermotor, anda diwajibkan untuk melakukan cabut berkas mutasi kendaraan. Biaya balik nama motor dan mutasi yang harus anda bayarkan tidaklah mahal. Untuk biaya mutasi, anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 75.000,- sebagai biaya pendaftaran. Kemudian lakukan pembayaran dan simpan tanda terima untuk pengambilan berkas. Biasanya berkas kendaraan dapat diambil setelah 5 hari kemudian.

Pada hari yang telah ditentukan, anda dapat mengambil berkas dengan menunjukkan tanda terima dan pengambilan berkas. Kemudian datang ke loket fiscal dan berikan tanda terima serta pembayaran sebesar Rp. 10.000,-. Setelah anda mendapatkan berkas, langkah selanjutnya adalah mendatangi kantor SAMSAT kota tujuan anda.

Apabila anda memiliki kendaraan plat merah, kemudian ingin mengganti dengan plat hitam, anda diharuskan mengurus balik nama dan membayar biaya yang dibutuhkan. Adapun biaya balik nama motor plat merah ke plat hitam adalah sebagai berikut:

a. Apabila umur kendaraan 1 sampai dengan 5 tahun, maka biaya yang dibutuhkan sebesar 10% dari Nilai Jual Kendaraan Bemotor (NJKB).
b. Apabila umur kendaraan diatas 5 sampai 10 tahun, biaya yang dibutuhkan sebesar 10% dari hasil perkalian 40% NJKB.
c. Umur kendaraan diatas 10 tahun, biaya yang dibutuhkan sebesar 10% dari hasil perkalian 20% NJKB.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai biaya balik nama motor. Ada baiknya anda menyiapkan waktu luang selama seharian penuh. Sebab untuk mengurus balik nama motor dibutuhkan proses yang cukup panjang dan waktu yang tidak sebentar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, ya!