Home Tips dan Trik Cari Oli Motor yang Sesuai dengan Mesin? Ini Paduannya

Cari Oli Motor yang Sesuai dengan Mesin? Ini Paduannya

by Rhonda Olson
Cari Oli Motor yang Sesuai dengan Mesin? Ini Paduannya

Bagian motor yang paling penting adalah mesin. Sebuah motor tidak akan bisa jalan tanpa adanya mesin. Oleh karena itu, pemeliharaan terhadap mesin harus dijadikan prioritas. Bagimana cara merawatnya? Salah satunya adalah dengan menggunakan oli sebagai bahan pelumas dan peredam panas. Fungsi oli ini hampir sama dengan fungsi darah pada tubuh manusia. Agar dapat berfungsi maksimal, oli harus diganti secara berkala. Untuk penggantian oli motor sport dan bebek biasanya dilakukan pada 2,500 hingga 3,000 kilometer.

Cari Oli Motor yang Sesuai dengan Mesin? Ini Paduannya

Panduan memilih oli motor yang benar

  • Pilihlah sesuai standar API atau kode mutu

Kode mutu sebuah oli motor biasanya merupakan kebijakan teknologi dari perusahaan yang memproduksi. Misalkan jika standar ini dipatok SJ, Anda harus menggunakan produk oli dengan standar yang sama, atau lebih tinggi di atasnya.

  • Pemakaian JASO

JASO merupakan standar kopling suatu motor. Ada dua jenisnya, yakni JASO MA dan JASO MB. JASO MA digunakan untuk kopling basah yang biasanya digunakan pada motor bebek dan sport. Sedangkan JASO MB digunakan untuk kopling kering dan tidak bisa digunakan pada motor bebek ataupun sport.

  • Sesuaikan tingkat kekentalan oli atau SAE

Biasanya dalam suatu mesin akan ada kode winter yang kita jadikan acuan saat membeli oli. Kita bisa menjadikan nomor seri belakang sebagai acuan. Misal 10W-40. Kita bisa menggunakan 20W-40 atau 5W-40 jika memang tidak ada yang sama persis 10W-40.

Referensi pilihan oli motor yang sesuai keperluan

Sebagai bahan referensi, di bawah ini ada beberapa merek produk yang bisa Anda beli sesuai dengan standar mesin Anda.

  • Federal racing 10W-40

Bahan oli ini adalah full sintetis ISPolymerized Syntetic Base Oil yang menjaga peforma mesin stabil. Selain itu, di dalamnya juga terdapat bahan adiktif Double ACT Clener yang membuat pembersihan mesin maksimal. Dengan standar itu, API SL, serta Jaso MA2 tampilannya ramah lingkungan untuk kopling basah. Di banderol Rp 48,000.-.

  • Yamalube Power Matic

Oli yang satu ini pemakaiannya dikhususkan untuk motor skutik, yakni untuk mesin dengan standar mutu API SL, dan JASO MB. Dengan bahan molybdenum, oli ini membuat irit bensin dan gesekan mesin yang lebih rendah. Di banderol Rp 37,000.-.

  • Pertamina Enduro 4T Racing SAE 10W-40

Dengan bahan sintetik, dijamin daya tahan mesin lama dengan sertifikasi JASO MA2. Oli ini cocok untuk mesin kopling basah, selain itu standar mutunya juga terbilang tinggi yakni API SJ dengan kekentalan 10W-40. Di banderol Rp 48,000.-.

  • Shell Advance AX7

Produk ini tersedia dengan kekentalan SAE 10W-30, 10W-40, dan 10W-50. Jadi, Anda bisa memilih sesuai dengan standar kekentalan mesin Anda. Sedangkan untuk standar mutunya sendiri adalah API SM, dan JASO MA2. Di banderol Rp 44,000.-.

 

Baca Juga:  Musim Hujan Tiba, Pastikan Bawa Perlengkapan Motor Berikut Ini!

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More