Cara Perawatan Motor Matic Injeksi

Motor matic merupakan salah satu jenis motor yang saat ini paling banyak digunakan sebagai salah satu alat transportasi di jalan raya. Selain memiliki sistem operasional yang mudah, dimana para penggunanya hanya perlu menarik gas yang terdapat pada bagian tangan, motor matic juga dikenal memiliki kecepatan yang tinggi dan mampu digunakan untuk berbagai medan. Keiritan dari motor matic ini, kini semakin dapat kita rasakan dengan dikeluarkannya seri matic injeksi oleh beberapa produsen motor matic di Indonesia. Cara perawatan motor matic injeksi yang juga mudah, makin menjadikan motor yang satu ini laris manis dipasaran.

Untuk menjaga keawetan dari motor matic berteknologi injeksi, banyak kalangan ahli yang menyarankan kepada kita untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu pada motor yang akan digunakan. Pemanasan dengan waktu 1 hingga 5 menit lebih disarankan, dengan tujuan agar pembakaran pada mesin nantinya akan lebih optimal pada saat digunakan. Dengan melakukan pemanasan mesin secara teratur setiap hendak digunakan, maka keawetan dari motor ini dapat Anda jaga dengan maksimal.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam penggunaan dan perawatan motor matic berjenis injeksi yang selalu Anda gunakan, antara lain adalah:

  • Gunakan motor matic dengan kecepatan yang stabil, jangan menarik gas motor matic injeksi dengan cara menggebernya terlalu kencang ataupun terlalu lambat, karena hal tersebut dapat memperpendek usia dari mesin motor.
  • Gantilah oli mesin secara berkala dan rutin maksimal dalam 1 bulan sekali atau pada jarak pemakaian setiap 5000 km. Penggantian oli secara teratur akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan pada performa kerja mesin.
  • Gantilah oli shock breaker secara berkala maksimal setiap 10000 km, untuk menjaga kelenturan dari shock breaker, sehingga nyaman ketika digunakan.
  • Periksalah bagian gusi dan pengapian lainnya secara teratur, apabila bagian tersebut telah mengalami kerusakan, maka pastikan Anda menggantinya dengan sparepart asli, agar performa mesin tetap terjaga.

    Baca Juga: Tips Otomotif Perawatan Motor Agar Performanya Tetap Prima

Agar kondisi mesin serta bagian lain dari motor matic dapat tetap terjaga dengan baik, maka sebaiknya Anda selalu memposisikan motor matic berjenis injeksi ini dengan menggunakan standar tengah, apabila sedang tidak digunakan. Hal ini menjaga beban motor agar tidak hanya bertumpu pada shock breaker motor matic injeksi, yang hanya terdapat satu sisi saja. Pengurangan beban inilah yang akan memperkuat shock breaker dapat bekerja dan bertahan dalam jangka waktu yang lam.

Perawatan motor yang harus selalu Anda lakukan adalah memperhatikan tangki bensin dari motor matic, pastikan bahwa tangki selalu dalam kondisi terisi bensin, serta lakukan pengisian ulang bensin secara rutin dan jangan menunggu sampai tangki benar-benar mengering, karena hal tersebut dapat berpengaruh pada sistem kerja mesin motor. Pencucian dan pembersihan motor pun harus Anda lakukan secara berkala, untuk menghindari terjadinya perkaratan pada bagian-bagian tertentu.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *