Cara Mudah dan Murah Merawat Mesin Motor Antik

Motor mempunyai beberapa perbedaan yang ada baik dari mesinnya, tampilan, dan berbagai hal lainnya. Selain ada motor baru dan juga bekas, ada satu lagi kriteria motor yang bisa dipilih yaitu motor antik yang banyak digandrungi oleh masyarakat yang menyukai motor-motor tua. Tentu saja untuk jenis motor ini selain dari penampilannya yang eksentrik juga mempunyai beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang yang memilikinya. Terlebih mengenai perawatan mesin yang ada karena merupakan motor tua sehingga lebih sensitif daripada motor biasanya. Oleh karena itulah perawatan harus dilakukan dengan benar dengan beberapa cara seperti berikut ini:

  • Perhatikan apabila ada masalah

Salah satu hal yang harus diperhatikan ketika mempunyai motor tua ini adalah harus lebih peka terutama mesinnya. Karena mudah sekali rusak maka setiap kerusakan atau hal-hal yang menandakan kerusakan harus segera diperbaiki. Sehingga bisa untuk mencegah hal yang lebih parah bahkan bisa untuk menyelamatkannya dari kematian. Dimana apabila dibiarkan terlalu lama tidak jarang banyak motor tua yang mati dan tidak bisa digunakan lagi. Oleh karena itulah sebaiknya segera diperbaiki apabila ada sesuatu yang menyebabkan motor terasa tidak enak.

  • Menggunakan suku cadang yang asli

Hal yang bisa dilakukan untuk dapat merawat motor antik ini dengan murah dan mudah adalah dengan menggunakan suku cadang yang asli. Mungkin terlihat sepele tetapi sebenarnya hal ini bisa berdampak besar karena dengan menggunakan suku cadang palsu bisa merusak motor karena banyak juga yang tidak cocok ketika dipasang di motor tua ini. Oleh karena itulah untuk menghindari kerusakan akan lebih baik apabila Anda menggunakan spare part yang asli. Dimana walaupun harganya akan lebih mahal daripada yang palsu tetapi kualitasnya tidak bisa berbohong. Sehingga selain cocok dengan spare part lainnya keunggulan lainnya adalah lebih awet daripada yang spare part yang palsu.

  • Rajin mengganti pelumas

Apabila sayang dengan motor tua yang dimiliki, langkah perawatan yang harus dilakukan adalah dengan mengganti pelumas sebulan sekali. Hal tersebut karena mesin motor tua memang khusus sehingga harus dirawat dengan tepat yaitu dengan mengganti pelumas yang bisa untuk mengaliri mesin motor dan mencegahnya rusak karena kering dan menghitam.

  • Bersihkan karat yang menempel pada motor

Dan cara merawat yang mudah dan murah untuk motor antik ini adalah dengan membersihkan karat atau menjauhkan motor ini dari karat. Dimana caranya sangat mudah hanya tinggal untuk mencucinya setiap kali terkena lumpur atau jalan yang kotor. Selain itu juga harus mencuci motor ketika kehujanan tetapi harus dibilas air bersih terlebih dahulu. Sehingga tidak membuat motor menjadi berkarat setelah kehujanan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *