Cara Mudah Bersihkan Knalpot Motor dengan Bahan yang Mudah Dicari

Cara Mudah Bersihkan Knalpot Motor dengan Bahan yang Mudah Dicari

Motor menjadi salah satu kendaraan yang paling banyak dipergunakan di Indonesia. Agar motor yang kerap dipergunakan sebagai alat transportasi tersebut tetap bisa dipergunakan dengan baik maka perlu dirawat dan salah satu bagian dari motor yang harus dirawat adalah knalpot. Knalpot motor yang merupakan saluran pembuangan dari pembakaran pada motor ini bisa saja rusak misalnya terjadi karat karena sering terkena air seperti air hujan.

 Cara Mudah Bersihkan Knalpot Motor dengan Bahan yang Mudah Dicari

Namun, untuk menghilangkan karat yang ada pada knalpot, ada beberapa cara dengan menggunakan bahan seadanya yang bisa Anda peroleh di sekitar Anda dengan mudah. Pertama adalah dengan menggunakan oli bekas. Siapkan dahulu oli bekas yang Anda miliki atau bisa meminta di bengkel terdekat. Caranya adalah dengan memasukkan oli bekas secukupnya lewat lubang knalpot pada motor Anda. Saat suhu knalpot naik maka akan timbul asap dari knalpot. Anda bisa mendiamkannya selama beberapa waktu.

Sedangkan untuk menghilangkan karat pada knalpot motor di bagian luar, Anda tetap bisa menggunakan oli bekas. Caranya adalah dengan menggunakan kuas dan oleskan oli bekas tersebut di bagian knalpot yang mulai berkarat. Pastikan Anda mengoleskannya secara merata. Setelah itu, hidupkan motor anda dan biarkan hingga beberapa menit sampai knalpot kendaraan roda dua anda tersebut menjadi panas. Nantinya, oli bekas yang dioleskan ke knalpot misalnya di bagian leher knalpot, akan bereaksi kemudian melelehkan karat yang sudah menempel di knalpot.

Kedua adalah dengan menggunakan pasta gigi. Akan tetapi, cara ini hanya bisa dilakukan jika knalpot kendaraan bermotor Anda memiliki lapisan krom. Untuk menghilangkan karat di knalpot yang dilapisi krom tersebut. Cara membersihkannya yaitu:

  • Siapkan pasta gigi yang hendak Anda gunakan.
  • Oleskan pasta gigi tersebut di bagian knalpot kendaraan roda dua Anda yang berkarat.
  • Diamkan sebentar.
  • Gunakan kain lap untuk menggosokkan pasta gigi tersebut sehingga kotoran dan karat yang menempel di bagian knalpot bisa terangkat.
  • Gosok beberapa kali hingga knalpot Anda bersih.

Dalam membersihkan knalpot motor dari karat terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan, diantaranya adalah:

 Selain knalpot motor, perhatikan juga beberapa tips perawatan motor agar tetap prima saat di pakai. Lihat selengkapnya di motoraja.com

  • Jika saat Anda membersihkan karat dari knalpot kendaraan roda dua anda masih terdapat karat yang menempel atau noda dan kotoran maka Anda bisa mengulanginya beberapa kali hingga knalpot Anda bersih dari karat sesuai dengan yang Anda inginkan.
  • Jika Anda menggunakan cairan pembersih keramik, maka sebaiknya berhati-hati. Hal tersebut disebabkan karena cairan tersebut mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan korosi apabila terkena cat mesin blok motor. Karena hal tersebut, sebaiknya uji coba dahulu di bagian yang tidak terlalu terlihat untuk mengetahui apakah cairan pembersih keramik dan porselen tersebut bisa digunakan secara maksimal atau tidak.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *