Cara Merawat Performa Motor Agar Tetap Bagus Untuk Pemula

Sepeda motor saat ini selalu menjadi pilihan utama bagi sebagian masyarakat Indonesia di kota-kota besar. Untuk itu Anda harus selalu menjaga performa motor Anda agar selalu tampil fit dan prima saat dikendarai. Apabila performa mesin motor Anda kurang baik, tentu akan menganggu aktifitas berkendara Anda.

Jika Anda sedang ingin mendapat informasi dalam menjaga dan merawat performa motor agar tetap bagus. Kami telah merangkumnya di bawah ini sebagai berikut.

  • Semua motor pasti membutuhkan oli. Oli adalah elemen penting dalam menjaga performa mesin motor Anda tetap maksimal saat dikendarai kemana-kemana. Apalagi Anda adalah orang yang sibuk bekerja dengan mengendarai motor di kota besar. Jelas periode penggantian oli harus lebih cepat. Menurut para ahli, disarankan kalau Anda ada di kota besar seperti kota Jakarta, baiknya Anda mengganti oli motor Anda pada 3 ribu kilometer pemakaian.
  • Busi juga sangat penting. Termasuk komponen yang harus Anda beri perhatian ekstra. Karena kemaksimalan busi sangat ditentukan oleh ketebalan elektoroda. Menurut para ahli, Busi harus mendapat gantinya ketika sudah 8 ribu kilometer. Kalau iridium bisa sampai 10 ribuan umur optimal. Ketika elektroda sudah cukup tipis hal tersebut bisa berpengaruh pada pengapian.

    Baca Juga:CARA MENJAGA DAN MERAWAT AGAR MOTOR AWET DAN TAHAN BANTING!

  • Selain oli dan busi, yang harus mendapat perhatian Anda adalah filter udara. Salah satu komponen mesin yang sangat penting. ¬†Filter udara harus mendapat perhatian ekstra ketika mencapai 16 ribu kilometer. Anda juga harus memperhatikan bentuk fisiknya. Kalau fisik filter udara masih bagus, berarti belum.
  • Selanjutnya yang harus Anda perhatikan dalam merawat performa motor Anda biar tetap ekstra adalah. Anda harus meningkatkan dan menambah kekuatan kapasitas mesin. Jika dirasa motor Anda kurang enak lagi. Anda harus segera mengecek kapasitas dan kekuatan mesin motor Anda saat ini. Berarti sudah mengalami kemunduran dari segi mesin, kelambatan dalam segi kecepatan motor akan berdampak sekali pada kinerja dan kualitas motor Anda. Untuk itu, anda harus meningkatkan kapasitas mesin motor Anda lebih besar. Karena jika anda meningkatkan kinerja mesin lebih besar pada biasanya, menurut para ahli debit gas yang terbakar akan banyak didapatkan setiap menghasilkan putaran mesin.

Merawat motor, haruslah dengan kasih sayang dan ketulusan. Anda harus mempunyai jadwal berkala dan displin dalam menjaga motor Anda keseluruhan. Karena bagaimanapun saat Anda membeli motor tersebut, cukup mahal. Ceklah dengan rutin ke bengkel kesayangan Anda. kalau Anda yang perlu diganti. Ya diganti. Apabila masih bagus yah, tinggal dirapikan saja. Untuk itu kami sarankan, jika motor anda saat ini dirasa-rasa kurang enak diajak jalan. Segeralah ke bengkel. Sisihkan uang Anda untuk merawat motor Anda.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *