Cara Merawat Onderdil Motor, Knalpot Biar Tidak Mengalami Masalah

Setiap kendaraan memiliki komponen yang menjadi satu kesatuan, dimana setiap komponen saling terhubung dan memiliki fungsinya masing-masing sehingga bisa bergerak dan menjadi alat transportasi yang nyaman. Salah satu onderdil motor yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah knalpot.

Selain mendukung penampilan, Knalpot fungsinya adalah memproses kembali pembakaran antara bahan bakar dengan oksigen yang terjadi pada ruang bakar, agar bisa digunakan sebagai bahan bakar tambahan.

Jika onderdil motor ini tidak berfungsi dengan baik maka proses pembakaran dari mesin menjadi tidak optimal. Akibatnya bisa boros bahan bakar dan tenaga motor jadi kurang optimal. Oleh sebab itu knalpot harus dirawat dengan benar. Nah berikut adalah tips dan trik merawat knalpot motor,

Panaskan Mesin Secukupnya

Cara perawatan pertama knalpot orisinil atau jenis 4 tak adalah menghindari memanaskan mesin terlalu lama. Karena mesin cenderung kering, jadi jika terlalu panas bisa menimbulkan karat dan warna kuning.

Membersihkan Lubang Buang

Cara merawat knalpot berikutnya dalah membersihkan lubang buang pada silencer, caranya memberikan oli secukupnya pada lebuang tersebut minimal 2 bulan sekali. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya keropos dan bocor pada knalpot di bagian slencer atau leher knalpot yang posisinya dekat dengan silencer. Jika bocor atau kropos akibatnya knalpot mengeluarkan suara yang buruk.

Membersihkan Kotoran

Jika knalpot sudah korosi, segera bersihkan kotoran yang menempel caranya sikat yang masih bagus dan kuat. Gunakan detergen yang dioleskan pada bagian yang kotor dan berkarat.  Jika kotorannya membandel gunakan sikat kawat agar lebih mudah membersihkannya.

Jika bagian pipa knalpot sudah bersih, lanjutkan dengan mengoleskan oli bersih pada bagian leher secara merata. Kemudian hidupkan mesin kurang lebih 2 menit agar oli menyerap dan lama kelamaan bagian leher knalpot menjadi lebih bersih seiring dengan pengelupasan oli yang kepanasan.

Apabila terkena knalpot atau noda yang membandel, bisa gunakan cairan portex. Namun menggunakannya harus hati-hati karena jika mengenai blok mesin bisa menyebabkan warna blok luntur.

Untuk menghilangkan bercak hitam akibat percikan aspal bisa menggunakan pertamax plus yang dicapur dengan minyak tanah, ukuran perbandingannya 1:2. Oleskan secukupnya lalu sikat menggunakan sikat kecil sampai bercak hitam aspal menghilang.

Jika Tersumbat Dan Bocor

Periksa lubang pembuangan air pada bagian bawah silencer, jika ada penyumbatan tusuk lubang dengan lidi atau paku kecil. Periksa kebocoran dan kekencangan baut penyangga pada knalpot. Karena jika bocor dan tidak kencang bisa menyebabkan pembuangan gas tidak sempurna dan mengakibatkan boros bahan bakar.

Setelah mencuci motor atau sehabis terkena hujan, lakukan pengeringan pada bagian knalpot lakukan dengan hati-hati. Jika perlu semprot dengan cairan anti karat. Itulah rips merawat onderdil motor bagian knalpot, semoga artikel ini bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *