Cara Merawat Motor Tua Yang Patut Ditiru

Di Indonesia penggunaan transportasi motor jumlahnya sangat meningkat. Banyak jenis motor yang berkeliaran di jalan, mulai dari berbagai merk, bentuk dan jenisnya. Beberapa motor tersebut ada yang sudah tua alias sudah tidak diproduksi lagi. Salah satu faktor motor tua masih memiliki performa yang handal adalah karena perawatan yang benar.

Sekarang sudah banyak artikel yang membahas perawatan motor yang benar, Anda bisa mendapatkannya melalui internet, media cetak, bertanya kepada teman yang lebih ahli atau bergabung dengan forum-forum komunitas motor.

Sebenarnya cara perawatan motor tua hampir mirip dengan motor pada umumnya, namun karena sudah tua ada beberapa bagian yang harus dirawat khusus dan lebih hati-hati. Karena faktor usia yang sudah tua kadang banyak bagian-bagian motor yang sudah rusak.  Nah, berikut ini tips perawatan motor klasik agar tetap oke yang bisa Anda coba lakukan sendiri di rumah.

Rajin Mengganti Oli

Mengganti oli motor merupakan salah satu perawatan yang penting. Oli harus diganti minimal satu bulan sekali, sesuai dengan spesifikasi motor. Misalnya, jika jenis motornya 2 tak maka gunakan oli 2-tak jack. Oli merupakan kebutuhan motor yang sangat penting agar kinerja setiap komponen-komponen mesin tetap berjalan optimal.

Rajin Memeriksa Bagian-Bagian Motor

Tips yang kedua adalah rajin memeriksa bagian-bagian motor, khususnya bagian piranti pengapian, seperti: aki, platina dan kabel yang berhubungan dengan kelistrikan. Apabila ada kabel yang terkelupas atau sudah terlihat retak-retak segera ganti dengan yang baru. Hindari menyambung kabel yang putus, karena jika sambungannya tidak tepat bisa-bisa malah menyebabkan terbakar.

Gunakan Sparepart Asli

Walaupun sudah tua, jika onderdil yang digunakan asli bawaannya dijamin lebih panjang umur dibandingkan jika menggunakan spartpart KW. Spartpart asli memang harganya terlihat mahal, namun umur pakainya bisa hingga dua sampai tiga kali lipat dibandingkan dengan komponen yang KW.

Rantai, Gear Dan Rem

Komponen ini harus diperhatikan, berikan pelumas khusus untuk rantai dan gear fungsinya agar tidak terjadi pengikisan. Ketegangan rantai juga harus diperhatikan dengan baik. Pastikan selalu mengecek motor secara berkala apalagi jika motor sering digunakan. Selain itu periksa ketebalan kampas rem. Kabel yang terhubung dengan rem juga selalu harus diperisa. Bersihkan dengan rutin dang anti jika ada yang rusak. Rem adalah komponen yang penting agar berkendaraan tetap aman.

Membersihkan Motor

Tips terakhir yang harus diperhatikan dan dilakukan dengan rutin adalah membersihkan/ mencuci motor tua agar debu dan kotoran yang melekat pada bagian bodi motor tidak mudah rusak. Misalnya pada cat atau piranti lainnya. Selain itu gunakan bahan-bahan mencuci motor yang aman untuk motor agar motor tetap terjaga penampilan dan kondisinya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *