Cara Merawat Motor Matic Yang Mudah Dan Bisa Anda Lakukan Sendiri

Sekarang banyak orang yang memilih menggunakan motor matic, bahkan bisa dibilang menjadi trand di masyarakat. Karena banyak peminatnya hampir semua produsen motor berlomba-lomba memasarkan motor yang menggunakan mesin matic.  Namun, perlu Anda ketahui, khususnya bagi pengguna matic bahwa selain menggunakanya, motor ini memerlukan perawatan khusus.

Sebenarnya cara merawat matic tidak jauh berbeda dengan merawat motor jenis lainnya, seperti pada perawatan  motor bebek, sport dsb. Sekarang sudah banyak jenis matic yang menggunakan mesin injeksi. Jenis mesin tersebut harus diberikan perawatan yang ekstra dibandingkan dengan yang menggunakan kalbulator.

Berikut ini kami akan memberikan informasi berupa tips cara merawat motor matic yang benar agar lebih awet dan tahan lama.

Panaskan Motor Setiap Hari

Perawatan yang satu ini sangat mudah dilakukan, namun banyak yang malas dan mengabaikannya. Memanaskan motor setiap hari tujuannya agar oli yang terdapat di dalam mesin melumasi mesinnya. Sehingga kinerja dan performanya tetap maksimal.

Memanaskan motor tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup 5 – 10 menit saja. Anda bisa menggunakan kick starter. Namun jika menggunakan jenis starter elektrik bisa menyebabkan baterai berkurang. Jangan lupa untuk menarik ulur gas agar olinya cukup panas.

Baca Juga: Tips Merawat Motor Matic yang Benar dan Sederhana

Kecepatan Gas Yang Stabil

Biasanya para pengguna matic selalu menjalankan dalam kecepatan tinggi lalu tiba-tiba menurunkan gas, begitupun sebaliknya. Hal ini sebaiknya tidak dilakukan karena tanpa sadar perlakuan tersebut bisa mempercepat kerusakan mesin dan fan belt motor.

Jangan Sampai Bensin Kosong

Cara perawatan matic selanjutnya adalah pengisian bahan bakar. Biasanya pengguna motor akan mengisi bahan bakar saat sudah mau habis. Namun masih banyak yang mengisinya saat kondisi bahan bakar benar-benar habis. Hal ini tidak dianjurkan, malah sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan kerusakan pada mesin.

Ganti Oli Secara Rutin

Mengganti oli secara rutin merupakan hal yang wajib dilakukan. Biasanya mengganti oli dilakukan setiap 1000 KM. Sedangkan pergantian oli gardan atau transmisi motor maksimal dilakukan jika sudah mencapai 5000 KM. Atau dilakukan dengan rutin 2-3 bulan satu kali. Jangan lupa gunakan oli yang sama dengan bawaannya atau yang sesuai dengan spesifikasi matic agar performa mesinnya tetap terjaga.

Perawatan Aki

Untuk mengetahui kondisi aki pada matic memang sulit karena posisinya ada di dalam. Bagi para pengguna motor biasanya pernah mengalami masalah mati Aki. Jika hal tersebut terjadi bisa menyebabkan motor kehilangan powernya, cahaya lampu berkurang dan saat menghidupkan motor harus menggunakan cara distarter, tentu akan merepotkan apalagi jenis maticnya memiliki bobot yang besar. Jadi sebaiknya lakukan perawatan Aki motor matic dalam rentan waktu 7-8 bulan setelah mengganti terakhir kali.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *