Cara Merawat Motor Matic yang Harus Anda Perhatikan

Saat ini Anda dapat menemukan begitu banyak motor matic di jalanan. Biasanya motor jenis ini digunakan oleh kaum hawa. Namun belakangan ini, motor jenis ini digunakan oleh kaum pria. Motor yang mudah dioperasikan ini memang memerlukan perawatan khusus agar lebih awet. Perawatannya juga tidak sama dengan motor yang lain. Sebelum Anda mengetahui cara perawatannya, Anda harus mengetahui perkembangan motor ini di Indonesia.

Berbagai vendor motor terkenal berlomba memproduksi motor ini dengan desain yang menarik dan mutakhir. Spesifikasi motor pun sangat menggiurkan konsumen. Namun jenis motor ini pasti mempunyai banyak kekurangan bila dibandingkan dengan motor bebek, seperti bahan bakar yang lebih boros dan tidak dapat menahan beban yang terlampau berat. Tetapi, kelemahan ini terus diperbaiki oleh produsen motor dengan mengeluarkan seri terbaru setiap tahunnya, dan penuh dengan inovasi berada di dalamnya. Sekarang ini, motor jenis matic memang menjadi motor yang laris di Indonesia, mengalahkan berbagai motor bebek yang sudah lama bercokol.

Banyak orang yang salah kaprah dalam perawatan motor matic ini, jika perawatan tidak dilakukan dengan baik, pasti ada beberapa lini atau komponen yang mengalami kerusakan, sehingga dibutuhkan pedoman khusus agar perawatannya bisa masuk dalam seluruh sektor yang berada di dalam motor sehingga dapat awet. Perawatannya pun bisa dikatakan mudah.

Berikut berbagai macam perawatan motor jenis matic yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  1. Panasi motor. Sebelum menggunakan motor, usahakan memanasinya 5 hingga 10 menit sebelum digunakan,
  2. Kondisikan kecepatan motor dengan stabil. Hindari melakukan pengegasan secara tiba-tiba, selain itu jangan langsung menurunkan kecepatan ketika berjalan dengan kecepatan yang tinggi,
  3. Hindari tangki bahan bakar yang sudah kosong, segera lakukan pengisian jika bensin telah mulai habis, cara ini digunakan untuk menghindari kehausan mesin,
  4. Perhatikan kondisi busi dan ACCU. Dalam motor berjenis matic, komponen ini adalah komponen yang paling penting agar motor Anda tidak mogok secara tiba-tiba serta aman dikendarai,
  5. Lakukan service motor dengan berkala,
  6. Periksa ruang transmisi. Di dalam ruang ini biasanya ada begitu banyak debu yang tertempel di sana, perhatikan dengan baik tingkat kebersihannya. Jika ruang transmisi mulai kotor, segera bersihkan.

Selain itu, Anda juga harus melakukan pergantian oli mesin berkala. Oli adalah kebutuhan motor yang perlu kita penuhi, termasuk matic. Sebaiknya, cek oli Anda dan ganti secara berkala sesuai dengan penggunaan agar oli selalu baru. Jika oli motor matic kotor atau tidak diganti, dampaknya dapat merusak mesin Anda, penggantian oli ini dilakukan 3 bulan sekali. Demikian tips yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk perawatan motor berjenis matic. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melakukan konsultasi dengan mekanik terpercaya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *