Cara Merawat Motor Matic Injeksi Yang Benar

Saat ini motor menjadi sarana transportasi yang popular di masyarakat, baik di daerah maupun di luar kota. Sekarang berbagai produsen motor melengkapi produknya dengan teknologi motor matic injeksi.

Teknologi injeksi diklaim ramah lingkungan dan lebih mudah perawatannya dibandingkan dengan motor yang menggunakan sistem kalbulator. Bagi Anda pemilik motor injeksi sudah seharusnya mengetahui bagaimana cara merawat motor. Perawatan sangat penting dilakukan agar mesin tetap awet dan terhindar dari servis yang memakan banyak biaya. Berikut ini tips merawat motor injeksi agar lebih awet dan terhindar dari kerusaan yang besar:

Panaskan Motor

Sebelum Anda menggunakan motor, ada baiknya panaskan mesin terlebh dulu. Caranya hidupkan mesin 1 – 5 menit. Kegiatan memanaskan mesin menjadi ritual yang harus dilakukan agar pembakaran motor menjadi lebih sempurna.

Cara Mengendarai Yang Benar

Saat mengendarai motor injeksi sebaiknya tidak menggebernya terlalu cepat atau mengendarainya dengan cara melepas selongsong gas dengan lambat atau cepat. Karena hal tersebut bisa memperpendek usia mesin motor.

Mengganti Oli

Mengganti oli mesin transmisi matik harus dilakukan dengan rutin. Karena dapat menjadi salah satu cara mencegah mesin atau komponenlainnya rusak. usahakan ganti oli secara teratur atau setiap sudah 5000km. Biasanya motor injek menggunakan single shockbreaker. Itu sebabnya oli shockbreaker yang sering diganti. Tapi jangan terlalu sering ganti oli mesin. Oli shockbreaker diganti setiap 10.000 km saja atau kalau sudah terdengar suara mendecit.

Baca Juga: TIPS PERAWATAN MOTOR MATIC

Periksa Busi Dan Aki

Kedua komponen tersebut sangat penting. Jika terjadi kerusakan maka harus diganti dan gantinya jika ingin awet harus dengan yang orisinil bawaan pabrik.

Memeriksa Vent Belt Dan Roller

Tidak kalah penting adalah memeriksa kondisi vent dan roller secara rutin. Karena jika terjadi kerusakan bisa membuat tidak nyaman saat berkendaraan. Apabila terjadi kerusakan segera ganti dengan yang orisinil.

Gunakan Standar Tengah

Biasakan menggunakan standar tengah, apalagi jika parkirnya dalam waktu yang lama. Apabila menggunakan standar samping kadang suka lupa untuk mengangkat standar. Beberapa jenis motor matic mesin tidak dapat dihidupkan apabila standar samping belum diangkat. Hal tersebut dilakukan atas dasar keamanan. Selain itu penggunaan standar tengah saat parkir dapat mengurangi beban single shockbreaker.

Memeriksa Tangki Bensin

Hal terakhir yang penting dilakukan adalah dengan teratur mengecek tangki bensin. Pastikan tangki tidak pernah kosong, karena jenis motor injeksi tidak disarankan mengisi bensin dalam keadaan tangki kosong. Jadi, sebelum kosong, isi bensin. Alasannya, kalau kosong kotoran yang ada di dalam tangki jadi mudah terserap akibatnya dapat mempengaruhi kinerja motor.

Itulah tips merawat motor metic injeksi agar lebih awet dan tahan lama. Semoga artikel dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *